Kompas.com - 01/10/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Selama ini banyak informasi menyebutkan dampak stres berlebihan buruk bagi kesehatan. Tapi, tahukah Anda ternyata stres dapat memicu kerusakan ginjal?

Sebenarnya, stres adalah reaksi tubuh ketika seseorang menghadapi sesuatu yang positif seperti menang undian atau ketika ada hal yang menyedihkan seperti masalah percintaan, pribadi, atau keuangan.

Wajar jika kita sesekali stres. Tapi, kondisi ini bisa merusak kesehatan apabila berlebihan dan berlangsung dalam jangka panjang, termasuk merusak ginjal.

Baca juga: 8 Penyebab Biduran Sering Muncul, Bisa dari Makanan sampai Stres

Kenapa stres dapat memicu kerusakan ginjal?

Dilansir dari NationalKidneyFoundation, stres dapat memicu kerusakan ginjal karena kondisi ini mengganggu sirkulasi dan pembuluh darah.

Untuk diketahui, ketika stres tubuh bakal secara alami bakal meningkatkan detak jantung, menaikkan kadar gula dan tekanan darah, menegangkan otot, dan melebarkan pupil.

Reaksi spontan ini bertujuan agar tubuh lebih waspada, seperti saat sedang menghadapi ancaman atau bahaya.

Namun, kombinasi antara tekanan darah tinggi, detak jantung cepat, dan gula darah tinggi ini bisa membuat kinerja ginjal semakin berat.

Apabila kondisi ini terjadi berkepanjangan dan tidak dikontrol dengan baik, lambat laun ginjal bisa rusak.

Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Bantu Menghilangkan Stres

Selain itu, stres secara tidak langsung dapat memicu kerusakan ginjal karena merangsang gaya hidup tidak sehat.

Dilansir dari WebMD, stres bisa mendorong orang makan berlebihan, mengonsumsi asupan tinggi lemak jahat seperti makanan cepat saji, minum soda, mengemil camilan asin yang tinggi garam, merokok, minum minuman keras, atau mengonsumsi narkoba.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.