Kompas.com - 01/11/2022, 13:45 WIB

KOMPAS.com - Ambeien adalah salah satu masalah kesehatan umum yang sering menyerang, termasuk pada remaja atau orang di usia muda.

Penyebab ambeien di usia muda ini ternyata kebanyakan terkait dengan gaya hidup tidak sehat.

Perlu diketahui, ambeien adalah benjolan yang muncul di bagian dalam atau di luar (sekitar) anus.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Ambeien Kambuh sesuai Stadium Penyakit

Dilansir dari HealthDirect, tonjolan yang dikenal dengan istilah wasir ini terjadi ketika saluran anus melemah dan membuat pembuluh darah di area tersebut membesar.

Ciri-ciri ambeien kambuh di antaranya anus gatal dan terasa nyeri, BAB terasa nyeri, atau keluar tonjolan atau benjolan seperti bisul dari anus.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali penyebab ambeien pada remaja atau orang di usia muda berikut cara mencegahnya.

Baca juga: 4 Obat Ambeien Alami ala Rumahan

Penyebab ambeien di usia muda

Dilansir dari Pistyn Care, ada beberapa penyebab ambeien di usia muda yang cukup sering, yakni:

  • Pola makan tidak sehat

Remaja dan anak muda juga sering mengonsumsi makanan cepat saji, makanan kekinian, makanan instan, minuman manis yang rendah gizi dan minim serat. Padahal asupan bergizi, serat, dan air putih penting untuk menjaga kesehatan pencernaan agar BAB normal.

  • Kebiasaan duduk di tempat yang keras

Duduk di permukaan yang keras tanpa bantalan dalam waktu lama bisa menghambat aliran darah ke pembuluh darah ke sekitar panggul. Kebiasaan ini tanpa disadari bisa menyebabkan ambeien.

  • Kurang gerak

Banyak anak muda yang sering menghabiskan waktu senggangnya untuk mager dan bermain ponsel. Kurangnya aktivitas fisik, banyak duduk, atau rebahan ini ternyata bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah panggul. Akibatnya, anak muda lebih rentan mengalami ambeien.

Baca juga: 8 Penyebab Ambeien Kambuh

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.