Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Manfaat Serai? Berikut 10 Daftarnya...

Kompas.com - 21/05/2024, 09:05 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Serai adalah tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan daun maupun batangnya. Tak heran, serai kerap dikonsumsi menjadi teh atau minuman herbal, minyak atsiri, maupun penyedap masakan. Lantas, apa saja manfaat serai untuk kesehatan?

Manfaat serai untuk kesehatan antara lain menurunkan kadar kolesterol, mencegah infeksi, mengatasi kelebihan cairan dalam tubuh, meredakan sakit, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Untuk lebih jelasnya, simak keuntungan mengonsumsi olahan serai bagi kesehatan berikut.

Baca juga: Kandungan Serai dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Apa saja manfaat serai?

Serai merupakan sumber yang kaya akan flavonoid dan senyawa fenolik, yang mengandung antioksidan dan memiliki potensi manfaat kesehatan.

Berikut daftar manfaat serai bagi tubuh yang sayang dilewatkan:

  • Menurunkan kolesterol

Dilansir dari Medical News Today, studi menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak serai ternyata bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol.

Namun, penelitian masih terbatas dilakukan pada hewan sehingga diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan manfaat serai dalam menurunkan kolesterol.

  • Mencegah peradangan

Antioksidan quercetin (flavonoid) pada serai memiliki sifat anti-inflamasi atau anti radang. Antioksidan tersebut bekerja dengan mencegah pelepasan zat kimia dalam tubuh yang bisa memicu berbagai kondisi kesehatan dan penyakit.

  • Melawan kuman

Sifat antimikroba dalam serai dapat membantu melawan berbagai kuman, termasuk infeksi bakteri pada mulut yang bisa mengakibatkan gigi berlubang atau masalah lainnya.

Pemberian ekstrak serai secara topikal juga dapat meredakan infeksi jamur akibat jamur Candida dan kondisi peradangan kulit lainnya.

  • Menurunkan kadar gula darah

Manfaat serai berikutnya yaitu untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Namun, hindari konsumsi serai berlebihan karena bisa menyebabkan kadar gula darah terlalu rendah.

Baca juga: 7 Manfaat Racikan Teh Serai untuk Kesehatan

  • Mengobati diare

Diare adalah masalah pencernaan yang tidak hanya mengganggu aktiviitas, melainkan dapat memicu dehidrasi.

Menariknya, serai atau sereh dapat menjadi pengobatan alami diare. Menurut studi, kandungan pada serai dapat memperlambat motilitas usus sehingga diare akan mereda.

  • Meredakan mual

Minum teh serai juga dapat membantu mengatasi mual. Meski umumnya orang menggunakan daun dan batang serai kering, penggunaan minyak atsiri serai juga dapat membantu mengatasi keluhan ini.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Secangkir teh serai juga bisa menjadi alternatif pengobatan sakit perut, kram, dan keluhan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com