Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Pantangan Makanan Penyakit Gula? Berikut 9 Daftarnya…

Kompas.com - 20/05/2024, 21:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Anda yang memiliki penyakit gula atau diabetes, perlu memperhatikan asupan makanan atau minuman agar kadar gula darah tidak naik. Lalu, apa pantangan makanan penyakit gula?

Ternyata, Anda yang memiliki penyakit gula diimbau untuk membatasi makanan yang tinggi garam, berpemanis, dan memiliki kandungan lemak jenuh.

Untuk lebih jelasnya, ketahui makanan pantangan diabetes berikut ini.

Baca juga: Berapa Jika Gula Darah Tinggi? Berikut Penjelasannya…

Apa pantangan makanan penyakit gula?

Membatasi konsumsi makanan dan melakukan pola hidup sehat umumnya dapat membantu Anda untuk mengelola penyakit diabetes yang dialami.

Disarikan dari WebMD dan Medical News Today, berikut adalah beberapa pantangan makanan penyakit gula yang perlu diketahui.

  • Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan, seperti roti tawar dan nasi putih, dapat membuat tubuh lebih cepat menyerapnya dan mengubahnya menjadi glukosa.

Selain membuat kadar gula darah meningkat, konsumsi karbohidrat olahan juga dapat membuat Anda merasa lebih cepat lapar meskipun sudah makan.

  • Makanan berpemanis

Makanan berpemanis kerap memiliki kandungan nutrisi yang lebih sedikit atau tidak ada sama sekali sehingga dapat memicu peningkatan kadar gula darah.

Banyak makanan yang dijual secara bebas memiliki pemanis tambahan sehingga Anda perlu memperhatikan label yang tertera pada kemasan.

Baca juga: Gula Darah Tinggi Itu karena Apa? Berikut 17 Penyebabnya…

  • Daging olahan atau berlemak

Konsumsi daging sebesar 50 gram setiap hari bisa meningkatkan risiko diabetes hingga 11 persen.

Anda yang memiliki diabetes perlu menghindari atau membatasi konsumsi daging olahan atau berminyak, seperti daging ayam dengan kulitnya, daging yang digoreng, dan bagian daging yang berlemak.

  • Lemak jenuh

Konsumsi lemak jenuh per hari harus dibatasi, atau kurang dari 10 persen kalori harian.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh, yakni mentega, makanan cepat saji, dan beberapa jenis minyak.

  • Lemak trans

Hidrogenasi adalah proses untuk mengubah minyak cair menjadi padat sehingga menghasilkan lemak trans yang tidak lebih sehat dibandingkan dengan lemak jenuh.

Anda diimbau untuk menghindari jenis makanan dengan kandungan lemak trans sehingga perlu membaca label di dalam kemasan dengan lebih teliti.

Baca juga: Makan Apa biar Gula Darah Cepat Turun? Berikut 15 Daftarnya…

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com