Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2022, 13:34 WIB

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan memang tak segampang membalikkan telapak tangan. Jika segala upaya sudah dicoba tetapi berat badan masih dalam kategori obesitas, operasi pemotongan lambung atau bariatrik bisa jadi pilihan.

Penyanyi Melly Goeslaw merupakan salah satu pasien yang memilih jalan operasi potong lambung karena perjuangannya untuk menurunkan berat badan selama 12 tahun terakhir tak kunjung berhasil.

“Bayangin saja, 12 tahun aku berjuang menurunkan berat badan, sudah berapa banyak obat yang masuk ke badan, belum lagi suntikan dan sebagainya. Diet juga enggak bisa, karena aku tuh orangnya tukang makan banget,” ujar Melly dalam acara Media Talkshow bertajuk Bariatrik: Solusi Bebas Obesitas di yang digelar oleh RS Pondok Indah Jakarta, 11 November 2022.

Baca juga: Bahaya Penyakit Akibat Kegemukan dan Obesitas yang Harus Disadari

Melly mengaku selama ini merasa kurang percaya diri dengan berat badannya. Ia pun ingin memiliki hidup yang lebih sehat, sebab menyadari kelebihan berat badan merupakan faktor risiko penyakit kronis.

Melly akhirnya memutuskan untuk menjalani bedah bariatrik sleeve gastrectomy dan berhasil menurunkan berat badan hingga 23 kilogram dalam kurun waktu 4 bulan.

“Sebelum bariatrik berat badan aku 87 kilogram, sekarang di 64 kilogram,” tuturnya.

Bedah bariatrik sleeve gastrectomy merupakan operasi yang dilakukan dengan cara memotong lambung pasien hingga 85 persen.

Dengan cara ini, maka seseorang menjadi lebih cepat merasa kenyang karena hormon rasa lapar yang diproduksi lambung sudah dipotong dan tidak digunakan lagi.

Dokter spesialis bedah digestive, Peter Ian Limas, menjelaskan bahwa baritarik merupakan solusi terbaik untuk para penyintas obesitas mendapatkan tubuh ideal.

“Bariatrik sebenarnya adalah alat untuk membantu orang yang memiliki berat badan berlebih agar menurunkan berat badan. Banyak pasien yang sudah melakukan bedah bariatrik berhasil turun berat badannya, kesehatannya juga jadi membaik,” tutur dokter yang menangani bedah bariatrik Melly ini.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Operasi Bariatrik untuk Menurunkan Berat Badan

Dari kiri ke kanan:  Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp.B.SubBDig, Dokter spesialis bedah subspesialis gedah digestif RS Pondok Indah, penyanyi Melly Goeslaw, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS ? CEO RS Pondok Indah Group.KOMPAS.com/NIKEN MONICA Dari kiri ke kanan: Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp.B.SubBDig, Dokter spesialis bedah subspesialis gedah digestif RS Pondok Indah, penyanyi Melly Goeslaw, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS ? CEO RS Pondok Indah Group.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+