Kompas.com - 24/11/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Batu ginjal memang sulit terdeteksi karena tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Karena itu, ada tes untuk mendiagnosis keberadaan dan kondisi batu ginjal pada tubuh seseorang.

Batu ginjal merupakan endapan seperti batu yang terbentuk di ginjal, organ yang bertugas menyaring limbah dan cairan ekstra dari tubuh.

Batu ginjal ada yang berbentuk kristal hingga batu keras yang awalnya berukuran kecil seperti butiran pasir hingga bongkahan kerikil.

Baca juga: 8 Tanda Batu Ginjal, Nyeri Selangkangan hingga Urine Berdarah

Batu ginjal berukuran kecil dapat keluar melalui urine saat Anda kencing. Anda memerlukan perawatan seperti obat-obatan, terapi untuk memecah batu, hingga operasi apabila batu ginjal berukuran besar.

Gejala batu ginjal

Rasa nyeri di area perut hingga punggung adalah gejala klasik dari batu ginjal. Nyeri tersebut juga bisa terasa hingga selangkangan saat batu ginjal bergerak melewati saluran kemih.

Selain itu, gejala batu ginjal yang sering dikeluhkan, antara lain:

  1. Adanya darah di urine
  2. Keinginan kuat untuk buang air kecil
  3. Sensasi terbakar saat buang air kecil
  4. Urine keruh dan berbau tak sedap
  5. Mual, muntah
  6. Demam

 

Tes untuk mendiagnosis batu ginjal

Jika Anda merasakan gejala intens yang menunjukkan keberadaan batu ginjal, termasuk nyeri perut tajam, sebaiknya segera periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Anda dapat mulai konsultasi dengan dokter umum. Apabila, keluhan yang dirasakan terkait batu ginjal, dokter umum dapat memberi rujukan ke dokter spesialis penyakit dalam, khusunya ginjal (nefrologi).

Dikutip dari Everyday Health, dokter spesialis ginjal kemungkinan akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda dan keluarga. Hal itu untuk menentukan terkait riwayat genetik batu ginjal atau kondisi lain yang memicu masalah ini, seperti diabetes.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.