Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak cara mengobati kanker rahim, tetapi semuanya memiliki efek samping yang perlu diperhitungkan.

Mengutip NHS, pengobatan kanker rahim akan bergantung dengan beberapa hal berikut:

  • Ukuran kanker
  • Letak kanker
  • Apakah sudah menyebar
  • Usia
  • Kesehatan keseluruhan penderita kanker rahim

Cara mengobati kanker rahim biasanya meliputi, operasi, kemoterapi, atau radioterapi. Operasi atau pembedahan biasanya merupakan pengobatan utama untuk kanker rahim. Simak penjelasan berikut. 

Baca juga: Tanda-tanda Kanker Rahim Stadium Awal yang Harus Diwaspadai

Pengobatan kanker rahim

Cara mengobati kanker rahim bisa dengan dengan 1 atau kombinasi dari berbagai jenis pengobatan yang ada, sebagai berikut:

  • Operasi

Mengutip Cancer Council, kanker rahim biasanya diobati dengan operasi pengangkatan rahim beserta leher rahim (histerektomi total), lalu saluran tuba dan ovarium (salpingo-ooforektomi bilateral).

Jika indung telur Anda tampak normal, Anda tidak memiliki faktor risiko apa pun, dan ini adalah kanker stadium awal tingkat rendah, Anda mungkin dapat mempertahankan indung telur Anda.

Jika kanker telah menyebar ke luar serviks, ahli bedah juga dapat mengangkat sebagian kecil vagina bagian atas dan ligamen yang menopang serviks.

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat pulih dari operasi sekitar 1-2 minggu dan sepenuhnya bisa kembali beraktivitas setelah 4-8 minggu.

Efek samping pengobatan kanker rahim ini meliputi:

  • Menopause: pengangkatan indung telur dapat membuat Anda mengalami menopause mendadak, jika sebelumnya Anda belum menopause.
  • Perubahan seksualitas: perasaan Anda tentang seks dan respons Anda secara seksual bisa berubah, misalnya kekeringan pada vagina dan hilangnya libido.
  • Limfedema: pengangkatan kelenjar getah bening dari panggul dapat menghentikan cairan getah bening mengalir secara normal. Akibatnya, pembengkakan di kaki.
  • Prolaps kubah vagina: saat bagian atas vagina turun ke arah lubang vagina karena struktur yang menopangnya telah melemah.

Baca juga: Tanda-tanda Kanker Rahim Stadium I, II, III, dan IV

  • Terapi radiasi

Mengutip Cancer.net, terapi radiasi adalah cara mengobati kanker rahim dengan menggunakan sinar-x berenergi tinggi atau partikel lain untuk menghancurkan sel kanker rahim.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+