Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2023, 16:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis sering disamakan karena berkaitan dengan gangguan fungsi ginjal, padahal keduanya berbeda.

Mengetahui perbedaannya sangatlah penting untuk menentukan penyebab serta penanganan yang tepat.

Untuk itu, ketahui beda gagal ginjal akut dan kronis berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Gagal Ginjal Kronis, Gejala, dan Penyebabnya

Beda gagal ginjal akut dan kronis

Dilansir dari WebMD, gagal ginjal akut dan kronis sama-sama merupakan gangguan pada ginjal sehingga mengganggu fungsinya untuk membersihkan darah.

Ketika fungsi ginjal terganggu, cairan dan limbah akan menumpuk di dalam tubuh, dan bisa bertambah parah seiring dengan berjalannya waktu.

Meskipun gagal ginjal akut dan kronis sama-sama berkaitan dengan gangguan fungsi ginjal, terdapat beberapa perbedaan yang akan menentukan penyebab dan penanganannya.

Baca juga: 6 Gejala Awal Gagal Ginjal Kronis yang Perlu Diwaspadai

Disarikan dari Verywell Health, beda gagal ginjal akut dan kronis yang perlu diketahui, yakni:

  • Penyebab gagal ginjal akut biasanya adalah konsumsi obat, penyakit tertentu, atau cedera, sedangkan penyebab gagal ginjal kronis biasanya adalah penyakit kronis
  • Kerusakan ginjal pada gagal ginjal akut lebih cepat, sedangkan kerusakan pada gagal ginjal kronis terjadi secara bertahap
  • Gejala gagal ginjal akut muncul tiba-tiba dan langsung parah, sedangkan gejala gagal ginjal kronis mungkin tidak muncul atau hanya akan muncul ketika kerusakannya sudah parah
  • Pengobatan gagal ginjal akut berfokus untuk menyembuhkan, sedangkan pengobatan gagal ginjal kronis berfokus untuk memperlambat kerusakan ginjal
  • Gagal ginjal akut masih memiliki kemungkinan untuk disembuhkan, sedangkan gagal ginjal kronis biasanya tidak bisa disembuhkan

Gagal ginjal akut dan kronis sama-sama bisa mengancam nyawa jika penderita tidak mendapatkan perawatan yang tepat dengan segera.

Bahkan, gagal ginjal kronis yang tidak segera diatasi akan memicu gagal ginjal yang membuat penderita perlu melakukan cuci darah secara rutin, bahkan melakukan prosedur transplantasi ginjal.

Untuk itu, mengetahui beda gagal ginjal akut dan kronis sangatlah penting.

Selain itu, melakukan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi sangat disarankan untuk mencegah kerusakan fungsi ginjal.

Baca juga: 9 Penyebab Gagal Ginjal Kronis yang Perlu Diwaspadai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com