Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2023, 22:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Masturbasi adalah salah satu aktivitas seksual yang melibatkan rangsangan pada alat kelamin atau bagian sensitif tubuh lainnya.

Aktivitas seksual ini sering dianggap negatif, tetapi ternyata memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, khususnya bagi para pria.

Berikut adalah beberapa manfaat masturbasi bagi pria yang perlu diketahui.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Masturbasi, Manfaat, dan Efeknya untuk Kesehatan

Manfaat masturbasi bagi pria

Dilansir dari Healthline, masturbasi adalah aktivitas seksual yang sangat normal untuk dilakukan dan sangat berguna untuk kesehatan fisik serta mental.

Tak hanya berguna untuk meraih kenikmatan seksual saja, rangsangan yang diberikan pada organ intim ini juga akan membuat para pria lebih mengenal tubuhnya.

Disarikan dari MedicineNet, ada beberapa manfaat masturbasi bagi pria, seperti:

  • Mengurangi risiko kanker prostat karena bisa mengeluarkan penumpukan racun pada saluran urogenital, yang merupakan gabungan dari sistem kemih dan sistem reproduksi
  • Meningkatkan kualitas serta motilitas sperma, atau kemampuan sperma untuk bergerak secara lebih efisien di dalam organ reproduksi wanita, sehingga kemungkinan untuk bisa hamil lebih besar
  • Bisa mengatasi ejakulasi dini jika dilakukan setidaknya sekitar dua jam sebelum berhubungan seksual
  • Bisa meningkatkan suasana hati jika masturbasi dilakukan hingga mencapai orgasme karena tubuh bisa memproduksi hormon endorfin yang merupakan hormon bahagia
  • Membuat tidur lebih nyenyak karena tubuh mengeluarkan lebih banyak energi selama masturbasi
  • Bisa meningkatkan rasa percaya diri, khususnya yang menyangkut pemenuhan kebutuhan seksual, sehingga bisa tahu apa yang benar-benar dibutuhkan

Meskipun banyak pandangan negatif terhadap perilaku seksual ini, ternyata masturbasi cenderung aman untuk dilakukan dan bisa memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan, khususnya untuk pria.

Baca juga: 6 Manfaat Masturbasi bagi Wanita dari Sisi Kesehatan


Efek masturbasi

Dilansir dari Healthline, masturbasi umumnya tidak memiliki efek samping tertentu untuk kesehatan.

Namun, beberapa orang bisa akan mengalami perasaan bersalah atau malah melakukannya secara berlebihan sehingga akan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Masturbasi yang dilakukan juga bisa membuat sensitivitas penis berkurang sehingga para pria cenderung tidak bisa mendapatkan kepuasan ketika melakukan hubungan seksual bersama pasangan.

Masturbasi yang dilakukan secara berlebihan bisa memicu kecanduan sehingga diperlakukan pendampingan dengan tenaga kesehatan profesional agar tidak berdampak negatif terhadap kehidupan sehari-hari.

Segera cari bantuan medis jika masturbasi memicu terganggunya aktivitas sehari-hari, termasuk pekerjaan atau pendidikan, mengganggu hubungan sosial dengan orang lain, dan tidak bisa mengontrol keinginan seksual yang muncul.

Meskipun tak selamanya buruk dan terdapat beberapa manfaat masturbasi bagi pria, Anda tetap disarankan untuk tidak melakukannya secara berlebihan dan segera cari bantuan medis ketika sudah berdampak negatif terhadap kehidupan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hiperseks, Penyebab, dan Ciri-cirinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com