Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab Radang Otak, Infeksi Virus hingga Masalah Sistem Imun

Kompas.com - 10/03/2023, 16:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian besar radang otak disebabkan oleh infeksi atau sistem imun tubuh yang menyerang jaringan otak secara keliru.

Mengutip Medical News Today, radang otak adalah peradangan akut yang menyerang otak secara langsung. Ini berbeda dengan meningitis, yang mempengaruhi meninges atau lapisan jaringan halus yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang.

Secara medis, penyakit otak ini disebut sebagai ensefalitis. Ini adalah penyakit langka yang mengancam jiwa. 

Baca juga: Kenali Apa Itu Radang Otak, Penyebab, dan Tanda-tandanya

Sebuah studi pada 2020 yang meneliti semua penyebab radang otak menemukan bahwa hampir 10 persen penderita radang otak meninggal selama rawat inap.

Harapan hidup penderita rang otak bergantung pada berbagai faktor, seperti penyebab, tingkat keparahan penyakit, usia, dan status kesehatannya secara menyeluruh.

Artikel ini akan mengulas lebih lanjut tentang macam penyebab dan faktor risiko radang otak yang perlu Anda waspadai.

Baca juga: Ensefalitis (Radang Otak)

Macam penyebab radang otak

Mengutip Medical News Today, penyebab radang otak adalah infeksi otak langsung dari virus, bakteri, atau jamur.

Ensefalitis juga dapat terjadi karena sistem imun tubuh merespons infeksi masa lalu secara keliru dengan menyerang jaringan otak.

Dalam banyak kasus, radang otak terjadi karena infeksi virus.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut macam virus yang bisa menjadi penyebab radang otak:

  • Virus herpes simpleks (HSV): baik HSV tipe 1 (terkait dengan luka dingin dan lepuh demam di sekitar mulut) maupun HSV tipe 2 (terkait dengan herpes genital) dapat menyebabkan ensefalitis. Radang otak yang disebabkan oleh HSV tipe 1 jarang terjadi, tetapi dapat menyebabkan kerusakan otak yang signifikan atau kematian.
  • Virus herpes lainnya: ini termasuk virus Epstein-Barr, yang biasanya menyebabkan infeksi mononukleosis, dan virus varicella-zoster, yang biasanya menyebabkan cacar air dan herpes zoster.
  • Enterovirus: virus ini termasuk virus polio dan coxsackievirus, yang biasanya menyebabkan penyakit dengan gejala, seperti flu, radang mata, dan sakit perut.
  • Virus yang dibawa oleh nyamuk: virus ini dapat menyebabkan infeksi seperti West Nile, La Crosse, St. Louis, western equine dan east equine ensefalitis. Gejala infeksi mungkin muncul dalam beberapa hari hingga beberapa minggu setelah terpapar virus yang ditularkan oleh nyamuk.
  • Virus yang ditularkan melalui kutu: virus Powassan dibawa oleh kutu dan menyebabkan ensefalitis di Midwestern Amerika Serikat. Gejala biasanya muncul sekitar seminggu setelah gigitan kutu yang terinfeksi.
  • Virus rabies: infeksi virus rabies, yang biasanya ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi, menyebabkan perkembangan yang cepat menjadi ensefalitis begitu gejalanya muncul. Rabies adalah penyebab ensefalitis yang jarang terjadi di Amerika Serikat.
  • Infeksi masa kecil: infeksi masa kanak-kanak yang umum, seperti campak (rubeola), gondok, dan campak Jerman (rubella) dulunya merupakan penyebab ensefalitis sekunder yang cukup umum karena belum adanya vaksin.

Baca juga: Mengenal Gejala Ensefalitis, Peradangan Akut pada Otak

Jenis radang otak

Radang otak dikategorikan dalam 2 jenis berdasarkan penyebabnya, yaitu sebagai berikut:

  • Ensefalitis primer: kondisi ini terjadi ketika virus atau agen lain langsung menginfeksi otak. Infeksi dapat terkonsentrasi di satu area atau meluas. Infeksi primer bisa merupakan pengaktifan kembali virus yang tidak aktif dari penyakit sebelumnya.
  • Ensefalitis sekunder: kondisi ini diakibatkan oleh reaksi sistem kekebalan yang salah terhadap infeksi di tempat lain di tubuh. Alih-alih hanya menyerang sel yang menyebabkan infeksi, sistem kekebalan secara keliru menyerang sel sehat di otak. Ini juga dikenal sebagai ensefalitis pasca infeksi, ensefalitis sekunder sering terjadi 2-3 minggu setelah infeksi awal.

Baca juga: Ensefalitis Virus

Macam faktor risiko radang otak

Dikutip dari Mayo Clinic, siapa pun dapat mengembangkan kondisi radang otak. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit otak ini, meliputi:

  • Usia: beberapa jenis ensefalitis lebih umum atau lebih parah pada kelompok usia tertentu. Secara umum, anak kecil dan lansia berisiko lebih besar terhadap sebagian besar jenis ensefalitis virus.
  • Sistem kekebalan tubuh melemah: orang yang mengidap HIV/AIDS, mengkonsumsi obat penekan kekebalan, atau memiliki kondisi lain yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah, berisiko lebih tinggi terkena ensefalitis.
  • Wilayah geografis: virus nyamuk atau tick-borne adalah umum di wilayah geografis tertentu. Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan kutu cenderung lebih umum pada musim panas di banyak wilayah di Amerika Serikat.

Perlu diingat, tidak semua orang yang memiliki faktor risiko di atas pasti akan mengalami atau terkena radang otak. Penyakit ini membutuh diagnosis mendalam dari dokter ahli.

Setelah menyimak penyebab radang otak dan faktor risikonya di atas, Anda bisa lebih meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini. 

Baca juga: Bagaimana Infeksi Toksoplasma Bisa Sebabkan Radang Otak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com