Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkontribusi Tangani Covid-19, Aplikasi Good Doctor Raih Penghargaan

Kompas.com - 21/03/2023, 21:07 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Peran serta berbagai komponen bangsa dalam menangani pandemi Covid-19 membawa Indonesia mendapat pengakuan internasional dan masuk dalam salah satu negara terbaik dalam menurunkan kasus Covid-19.

Presiden Joko Widodo kemudian mengapresiasi sejumlah pihak yang berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Indonesia lewat penganugerahan PPKM Award. Penerima award tersebut antara lain sentra vaksinasi, telemdicine, laboratorium whole genome sequencing, media, akademisi, Badan Usaha Milik Negara, perusahaan swasta, hingga lembaga swadaya masyarakat.

“Keberhasilan ini merupakan kerja keras seluruh komponen bangsa. Saya berharap kerja keras ini harus diteruskan untuk mengatasi masalah-masalah besar lain. Kita harus terus bergerak sinergis menggerakkan seluruh komponen bangsa. Penanganan pandemi COVID-19 menunjukkan kekuatan kita yang luar biasa sebagai suatu bangsa besar,” kata Presiden Jokowi dalam acara pemberian penghargaan di Jakarta (20/3/2023).

Baca juga: Bakal Bertemu WHO Usulkan Deklarasi Endemi, Menkes: Doain Ya...

Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu WicaksanaDok Good Doctor Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana
PT.Good Doctor Technology Indonesia yang menaungi aplikasi telemidicine Good Doctor menjadi salah satu penerima penghargaan tersebut.

“Kami merasa terhormat menerima penghargaan dari Pemerintah Indonesia atas kontribusi kami dalam penanganan pandemi COVID-19. Penghargaan ini tidak membuat kami berpuas diri, namun kami akan terus meningkatkan akses layanan kesehatan berkualitas dengan teknologi digital kami kepada seluruh masyarakat,” kata Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana dalam siaran pers.

Dia mengatakan, sejak awal pandemi, Good Doctor telah melakukan berbagai upaya komperhensif untuk mendukung pemerintah mengendalikan pandemi.

“Mulai dari penyediaan edukasi kesehatan khusus mengenai COVID-19, layanan tes swab, Klinik COVID-19, dan vaksin COVID-19 yang bermitra dengan berbagai pemangku kepentingan,” katanya.

Di setiap sentra vaksinasi itu, Good Doctor menerapkan metode yang terbukti mengurangi kerumunan massa dan meminimalkan pembatalan di lokasi atau keterlambatan melalui pemanfaatan fitur registrasi peserta vaksinasi serta fitur pre-screening yang dapat diakses melalui aplikasi Good Doctor dan GrabHealth powered by Good Doctor.

Baca juga: Mau Mudik? Ingat, Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh Wajib Vaksin Booster

“Seperti kita ketahui bahwa kerumunan dapat menjadi salah satu faktor risiko penyebaran COVID-19,” kata Danu.

Selain Good Doctor, telemedicine lain yang menerima penghargaan ini adalah Alodokter dan Halodoc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com