Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
CIRCULAR ECONOMY

Catat, Ini 5 Manfaat Penting Mineral Esensial bagi Tubuh Saat Berpuasa

Kompas.com - 10/04/2023, 12:30 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama lebih kurang 12 jam. Karena hal ini, orang yang menjalankan puasa berisiko mengalami lemas, mudah lelah, serta mengantuk.

Sebenarnya, risiko tersebut bisa diminimalkan dengan mencukupi tubuh dengan berbagai asupan penting saat sahur dan buka puasa. Salah satunya adalah mineral esensial.

Adapun mineral esensial terdiri dari kalsium, kalium, natrium, fosfor, zat besi, zink, magnesium, dan klorida. Nah, mineral esensial ini punya manfaat penting bagi tubuh saat menjalankan puasa. Simak ulasan berikut.

1. Mengangkut oksigen ke dalam darah

Salah satu mineral esensial, zat besi, punya manfaat penting bagi tubuh, yakni membentuk hemoglobin. Adapun hemoglobin berperan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh melalui darah.

Baca juga: 3 Manfaat Air Mineral yang Sayang Dilewatkan

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan tubuh lemas. Oleh karena itu, penuhi asupan zat besi saat sahur dan berbuka. Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi adalah sayuran hijau, daging sapi, dan daging ayam.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Jenis mineral esensial lain, yakni klorida, berfungsi memproduksi cairan asam lambung. Cairan ini membantu memecah makanan serta memilah dan menyingkirkan zat atau mikroba berbahaya yang ada pada makanan.

Kekurangan klorida dapat mengganggu fungsi tersebut. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan asupannya, terutama saat menjalankan puasa.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, asupan klorida per hari bagi orang berusia 14-50 tahun dan perempuan hamil adalah 2,3 gram. Untuk orang tua berusia 51-70 tahun, asupan yang dianjurkan adalah 2 gram tiap hari.

Kemudian, asupan klorida untuk usia 71 tahun ke atas adalah 1,8 gram per hari.

3. Pembentukan energi

Pembentukan energi di dalam tubuh dipengaruhi oleh asupan fosfor. Mineral esensial ini bekerja sama dengan vitamin B mengubah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Adapun rekomendasi asupan fosfor tiap usia berbeda-beda. Untuk orang dewasa, kebutuhan fosfor per hari adalah 700 mg. Sementara, anak-anak dan remaja membutuhkan fosfor sekitar 1.200 mg per hari.

Baca juga: Penuhi Asupan Mineral Esensial Anak untuk Bantu Cegah Sakit Ginjal dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

4. Mendukung kerja organ dan jaringan tubuh

Mineral esensial, seperti kalsium, kalium, magnesium, dan natrium, berfungsi untuk mendukung kinerja organ dan jaringan tubuh. Beberapa di antaranya adalah pertumbuhan tulang, menjaga fungsi saraf dan otot, mengontrol tekanan darah dan gula darah, serta menjaga kesehatan jantung.

5. Membentuk imunitas tubuh

Mineral esensial juga bermanfaat untuk membentuk imunitas tubuh. Zat besi, misalnya, dapat membantu kerja sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Selain zat besi, zink juga memiliki manfaat serupa. Mineral esensial ini berperan dalam mengembangkan sel imun dalam tubuh.

Itulah lima manfaat mineral esensial yang membantu tubuh tetap sehat dan bugar saat berpuasa. Asupannya perlu dicukupi karena tubuh tetap harus melakukan beragam aktivitas selama berpuasa.

Baca juga: Waspada, Kelelahan Jadi Sinyal Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral

Selain melalui konsumsi makanan, asupan mineral esensial juga bisa didapat dengan mengonsumsi air mineral Le Minerale saat sahur dan berbuka puasa. Le Minerale mengandung mineral esensial, seperti kalsium, kalium, natrium, magnesium, serta bikarbonat.

Dengan komposisi mineral esensial yang seimbang dan kualitas yang terjaga, Le Minerale baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa karena kebutuhan mineral tercukupi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com