Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melatih Bayi Tidur Sendiri dengan Metode Ferber

Kompas.com - 28/04/2023, 19:03 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Sleep training atau latihan tidur bisa dilakukan untuk bayi yang berusia 6 bulan agar terbiasa untuk tidur sendiri.

Metode Ferber adalah salah satu metode sleep training yang melibatkan interval waktu tertentu untuk memeriksa bayi ketika tidur.

Interval waktu ini akan semakin bertambah sehingga anak akan terbiasa untuk tidur dan tidur kembali ketika tiba-tiba terbangun di malam hari tanpa bantuan orang tua.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara melatih bayi tidur sendiri dengan metode Ferber berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Sleep Training, Manfaat, dan Waktunya

Cara melatih bayi tidur sendiri dengan metode Ferber

Menurut Cleveland Clinic, metode interval atau metode Ferber adalah pelatihan tidur yang terdiri dari beberapa interval waktu tertentu yang digunakan untuk memeriksa bayi.

Untuk melakukan metode Ferber ini, para orang tua diimbau untuk meninggalkan anak di tempat tidurnya ketika sudah mulai lelah, tetapi masih belum mengantuk.

Orang tua kemudian akan memeriksa anak secara berkala menurut waktu yang sudah ditentukan, mulai dari 5 menit, 10 menit, dan seterusnya.

Orang tua hanya memeriksa bayi dalam waktu yang singkat, atau sekitar 1-2 menit, untuk sekadar memberikan dorongan atau semangat dengan pelukan atau kata-kata.

Interval waktu yang ditentukan pada metode ini perlu ditambah secara berkala, namun anak akan tetap merasa didampingi dan aman.

Menurut Sleep Foundation, metode Ferber ini bisa dimulai dengan interval waktu yang singkat dan orang tua bisa segera memeriksa anak ketika anak menangis.

Namun setelah beberapa hari, para orang tua bisa memberikan jeda waktu ketika mendengar tangisan sebelum memeriksanya.

Kondisi ini kemudian akan mengajarkan anak untuk menenangkan dirinya sendiri sehingga bisa kembali tertidur di malam hari.

Baca juga: 5 Manfaat dan Cara Melakukan Sleep Training pada Bayi

Manfaat melatih bayi tidur sendiri

Beberapa orang tua mungkin merasa tidak tega ketika melakukan sleep training untuk anak.

Padahal, ada beberapa manfaat sleep training yang akan didapatkan oleh anak dan orang tua.

Disarikan dari Sleep Foundation dan Verywell Family, ada beberapa manfaat melatih bayi tidur sendiri, termasuk untuk orang tua, seperti:

  • Meningkatkan kualitas tidur anak di malam hari sehingga suasana hati semakin baik setelah bangun tidur
  • Melatih anak untuk lebih mandiri sehingga terbiasa tidur dan kembali tidur sendiri ketika terbangun di malam hari
  • Membuat anak bisa mendapatkan tidur yang cukup di malam hari untuk mendukung perkembangannya, termasuk menghindarkan dari risiko gangguan kesehatan mental ketika dewasa
  • Menghindarkan orang tua dari risiko insomnia
  • Membuat orang tua lebih sehat secara umum karena bisa tidur lebih nyenyak di malam hari, termasuk terhindar dari stres, depresi, atau gangguan kesehatan lainnya

Selain mengetahui cara melatih bayi tidur sendiri dengan metode Ferber, para orang tua perlu melatih kedisiplinan agar metode ini bisa berhasil dilakukan.

Buat jadwal rutin sebelum tidur agar anak mengetahui bahwa jam tidur sudah dekat, seperti menyanyikan lagu kesukaan anak.

Selain itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter anak sebelum melakukan metode ini jika anak memiliki riwayat kondisi medis tertentu atau masih membutuhkan asupan ASI di malam hari.

Baca juga: 12 Penyebab Insomnia pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com