Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2023, 06:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

Sumber SELF,Eat This

KOMPAS.com - Melakukan olahraga di pagi hari sebelum menyantap sarapan bisa meningkatkan aliran darah serta membuat membuat tubuh lebih siap untuk beraktivitas.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan juga cukup sederhana dan tidak memerlukan peralatan khusus, seperti pushup hingga yoga.

Simak rekomendasi olahraga di pagi hari sebelum sarapan tanpa penggunaan alat yang bisa dicoba berikut ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Olahraga Kardio untuk Diet, Termasuk untuk Pemula

Rekomendasi olahraga di pagi hari sebelum sarapan

Disarikan dari Eat This dan Self, berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga di pagi hari sebelum sarapan yang bisa dicoba.

  • Bodyweight squat

Bodyweight squat adalah jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menguatkan otot, menjaga postur tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, hingga menyehatkan otak.

Untuk melakukan olahraga ini, Anda mulai dengan posisi berdiri dan mulai menekuk lutut dengan menjaga punggung dalam posisi lurus serta tegak.

Anda kemudian bisa berjongkok hingga telapak kaki dan pinggul sejajar dengan lantai. Kembali ke posisi berdiri dan ulangi hingga 15 kali.

  • Pushup

Melakukan gerakan pushup secara rutin bisa membentuk otot dan memperkuat tubuh bagian atas, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, hingga menyehatkan sendi di sekitar pundak.

Lakukan pushup dengan memposisikan tubuh seperti ketika akan melakukan plank. Satukan kaki dan posisikan pergelangan tangan agar sejajar dengan pundak.

Turunkan dada hingga menyentuh lantai dan diangkat kembali ke posisi semula. Lakukan pushup hingga sepuluh kali pengulangan.

Baca juga: Olahraga High Intensity Interval Training untuk Menurunkan Berat Badan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com