Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Efek Minum Kopi setelah Minum Obat? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 15/11/2023, 07:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

Sumber WebMD,Health

KOMPAS.com - Kafein di dalam kopi dapat berinteraksi dengan obat yang dikonsumsi. Lalu, apa efek minum kopi setelah minum obat?

Ternyata, efek minum kopi setelah minum obat akan tergantung dari jenis obat yang dikonsumsi.

Beberapa jenis obat, seperti adenosine dan antibiotik, akan menimbulkan efek yang tidak terlalu serius, seperti sakit kepala dan kenaikan irama denyut jantung.

Namun, minum kopi setelah mengonsumsi jenis obat stimulan, seperti efedrin, dapat menimbulkan efek samping yang lebih serius dan memicu gangguan jantung.

Untuk lebih jelasnya, ketahui efek dan berapa jam jarak minum obat dan minum kopi yang perlu diperhatikan berikut ini.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Kopi sebelum Makan? Berikut Penjelasannya…

Apa efek minum kopi setelah minum obat?

Minum kopi setelah minum obat bisa menimbulkan efek samping yang berbeda untuk tubuh, mulai dari sakit kepala hingga masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Dilansir dari Health, kafein pada kopi dapat berinteraksi dengan obat yang dikonsumsi sehingga akan mengganggu penyerapannya oleh tubuh.

Tidak hanya itu saja, beberapa jenis obat akan berinteraksi dengan kafein sehingga menimbulkan efek samping yang lebih serius, seperti gangguan jantung.

Melansir WebMD, efek minum kopi setelah minum obat yang mungkin akan dialami, seperti:

  • Menimbulkan efek yang sangat serius ketika kopi diminum setelah mengonsumsi obat jenis stimulan, seperti efedrin, karena akan mempercepat kerja sistem saraf serta menyebabkan gangguan jantung
  • Menimbulkan efek sedang, seperti tubuh yang gemetar, sakit kepala, peningkatan irama denyut jantung, serta mengurangi efektivitas obat yang dikonsumsi, seperti pil KB, adenosine, alendronat, antibiotik, cimetidine, clozapine, dan dipiridamol
  • Menimbulkan efek ringan, termasuk tubuh gemetar, sakit kepala, dan peningkatan irama denyut jantung, jika mengonsumsi beberapa jenis obat, seperti obat untuk depresi, fluconazole, obat untuk diabetes, meksiletin, fenotiazin, dan terbinafine

Minum kopi dengan jumlah wajar, atau tidak lebih dari empat cangkir sehari, umumnya aman.

Namun, minum kopi setelah minum obat dapat menimbulkan efek samping tertentu dan membuat obat yang dikonsumsi menjadi kurang efektif untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami.

Tidak hanya itu saja, beberapa orang yang lebih sensitif terhadap kafein juga akan mengalami efek samping yang lebih serius.

Baca juga: Jantung Berdebar setelah Minum Kopi Apakah Bahaya? Ini Penjelasannya…

Berapa jarak minum obat dan minum kopi?

Agar efektivitas obat yang dikonsumsi tidak berkurang dan menimbulkan efek samping yang lebih serius, Anda perlu memahami jarak minum obat dan minum kopi.

Jarak minum obat dan minum kopi umumnya adalah sekitar satu hingga dua jam, tergantung jenis obat dan sensitivitas kafein yang dimiliki.

Namun, Anda yang mengonsumsi obat jenis stimulan diimbau untuk tidak minum kopi setelahnya untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius.

Memahami apa efek minum kopi setelah minum obat sangatlah penting agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum minum kopi setelah minum obat agar obat dapat bekerja secara efektif dan tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com