Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Tidak Boleh Sering Minum Air Kelapa? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 12/04/2024, 12:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Air kelapa dapat memberikan rasa segar dan mengembalikan elektrolit yang hilang. Namun, kenapa tidak boleh sering minum air kelapa?

Ternyata, minum air kelapa setiap hari secara berlebihan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman karena frekuensi buang air kecil akan meningkat.

Minum air kelapa muda secara berlebihan juga tidak baik karena akan menimbulkan efek samping tertentu, seperti diare, hiperkalemia, dan penurunan tekanan darah.

Untuk lebih jelasnya, ketahui efek samping setiap hari minum air kelapa dan jumlah maksimal yang disarankan berikut ini.

Baca juga: Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Minum Air Kelapa? Ini 7 Daftarnya…

Kenapa tidak boleh sering minum air kelapa?

Minum air kelapa setiap hari umumnya aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang serius.

Namun, minum air kelapa setiap hari secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu dengan tingkat ringan hingga serius.

Dilansir dari Vinmec International Hospital, terdapat beberapa efek samping setiap hari minum air kelapa yang mungkin akan dialami, seperti:

  • Meningkatkan risiko hiperkalemia, di mana terdapat peningkatan kadar kalium di dalam tubuh, khususnya pada penderita gagal ginjal
  • Meningkatkan frekuensi buang air kecil sehingga kualitas tidur di malam hari akan berkurang, khususnya jika Anda memiliki kebiasaan minum air kelapa di malam hari
  • Meningkatkan frekuensi buang air besar dan risiko diare jika Anda memiliki riwayat gangguan pencernaan
  • Menyebabkan reaksi alergi, khususnya jika Anda memiliki alergi kelapa atau terhadap kacang
  • Meningkatkan kadar gula darah dan membuatnya sulit untuk dikontrol, khususnya pada penderita diabetes atau gula darah tinggi
  • Menurunkan tekanan darah secara berlebihan jika dikonsumsi bersamaan dengan obat untuk darah tinggi

Air kelapa umumnya aman untuk dikonsumsi setiap hari dalam batas yang wajar.

Bahkan, air kelapa dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan karena kaya akan karbohidrat dan elektrolit alami.

Namun, Anda yang memiliki riwayat medis khusus atau sedang mengonsumsi jenis obat tertentu perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum minum air kelapa setiap hari agar tidak mengalami efek samping yang serius.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Air Kelapa di Malam Hari? Berikut Penjelasannya…

Berapa gelas konsumsi air kelapa setiap hari?

Ternyata, tidak ada batas konsumsi air kelapa setiap hari.

Dilansir dari WebMD, air kelapa dapat diminum setiap hari sebanyak satu atau dua cangkir untuk menghindari efek samping tertentu.

Namun, Anda yang membatasi kalium, garam, dan kalori, perlu menghindari atau membatasi konsumsi air kelapa sesuai dengan anjuran dokter.

Memahami alasan kenapa tidak boleh sering minum air kelapa sangatlah penting agar Anda bisa membatasi atau menghindari kebiasaan ini.

Meskipun umumnya aman, air kelapa dapat menimbulkan efek samping jika Anda memiliki riwayat medis atau sedang mengonsumsi obat tertentu.

Baca juga: Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com