Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Manfaat Selai Kacang untuk Kesehatan, Cocok untuk Diet

Kompas.com - 29/04/2024, 05:22 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Khairina

Tim Redaksi

Sumber Health.com

KOMPAS.comSelai kacang adalah salah satu makanan yang sering dianggap sebagai camilan yang lezat.

Tapi di balik kenikmatannya itu, selai kacang juga mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh.

 

Manfaat selai kacang untuk kesehatan

Melansir Health, menambahkan lebih banyak selai kacang ke dalam pola makan Anda dapat memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, tetapi juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan.

Pilihan terbaik adalah menikmati selai kacang dalam jumlah sedang untuk memaksimalkan manfaatnya tanpa berlebihan.

Berikut merupakan beberapa manfaat selai kacang untuk kesehatan:

Baca juga: Benarkah Makan Selai Kacang Menyebabkan Jerawat?

  • Memuaskan rasa lapar

Selai kacang, dengan kandungan serat dan protein yang tinggi, dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama setelah dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh kombinasi serat yang membuat pencernaan lebih lambat dan protein yang memicu hormon kenyang dalam tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi selai kacang dalam porsi yang wajar dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan menghindari ngemil berlebihan.

  • Membantu membangun dan memperbaiki otot

Kacang mengandung semua 20 asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Selain itu, kacang juga kaya akan nutrisi seperti protein, magnesium, kalium, dan fosfor yang mendukung fungsi otot yang optimal.

Dengan mengonsumsi selai kacang secara teratur, Anda dapat memastikan pasokan nutrisi yang cukup untuk membangun massa otot dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada otot setelah aktivitas fisik.

  • Mengurangi risiko penyakit kronis

Lemak sehat dalam selai kacang, seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, telah terbukti membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Lemak sehat ini membantu menurunkan kadar kolesterol LDL ("jahat") dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca juga: 6 Kegunaan Selai Kacang Selain Dikonsumsi

  • Meningkatkan kesehatan usus

Kandungan serat dalam selai kacang membantu meningkatkan kesehatan usus dengan merangsang pertumbuhan bakteri sehat dalam saluran pencernaan.

Mikrobioma usus yang sehat dapat membantu dalam pencernaan makanan, penyerapan nutrisi, dan perlindungan terhadap infeksi.

  • Membantu mengurangi risiko kanker

Selai kacang mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat mengurangi risiko perkembangan kanker.

Antioksidan ini melawan efek negatif radikal bebas dengan menetralkan mereka sebelum mereka dapat merusak sel-sel tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com