Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Penderita Diabetes Minum Rebusan Daun Salam?

Kompas.com - 19/06/2024, 20:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Daun salam dikenal sebagai rempah-rempah yang sering digunakan sebagai obat tradisional. Lantas, bolehkah penderita diabetes minum rebusan daun salam?

Ya, air rebusan daun salam dapat diminum pengidap diabetes untuk membantu menurunkan atau mengontrol kadar gula darah.

Untuk lebih jelasnya, simak manfaat daun salam untuk menurunkan gula darah berikut.

Baca juga: Daun Salam Bisa Mengobati Penyakit Apa Saja? Berikut 7 Daftarnya

Bolehkah penderita diabetes minum rebusan daun salam?

Mengonsumsi rebusan daun salam dapat dijadikan pengobatan alternatif untuk penderita diabetes saat kadar gula darahnya tinggi.

Daun salam memiliki sifat anti-diabetik, anti-inflamasi, dan antioksidan yang bagus dalam menurunkan gula darah.

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan Universitas Pahlawan pada 2024, penelitian menunjukkan adanya penurunan kadar gula darah pada partisipan yang mengidap diabetes setelah meminum air rebusan daun salam. Peserta yang awalnya memiliki kadar gula darah sebesar 544 mg/dl turun menjadi 285 mg/dl.

Penelitian lain yang dipublikasikan National Center of Biotechnology Information (NCBI) menunjukkan penurunan glukosa sekitar 21-26 persen pada peserta yang rutin mengonsumsi 1-3 gram daun salam selama 30 hari dan tetap menjalankan pengobatan dari dokter.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa penurunan gula darah tersebut dikarenakan adanya senyawa polifenol yang terkandung pada daun salam.

Senyawa polifenol berperan dalam mendukung kerja insulin dalam mengelola gula darah menjadi glikogin (gula otot), cadangan energi di sel lemak (trigliserida), dan keduanya pada sel hati.

Baca juga: Berapa Lembar Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat dan Kolesterol?

Air rebusan daun salam juga memiliki sifat diuretik yang dapat menambah laju urinasi sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil pada penderita diabetes untuk membuang kelebihan glukosa dalam darah.

Meski begitu, sifat diuretik pada daun salam dapat membuat penderita diabetes kehilangan banyak cairan melalui urine. Jadi, perlu diimbangi dengan konsumsi air putih.

Selain itu, konsumsi air rebusan daun salam sebaiknya tidak dilakukan saat atau bersamaan dengan minum obat diabetes.

Pasalnya, hal itu bisa mengakibatkan penurunan gula darah secara drastis yang memicu hipoglikemia. Kondisi ini membuat tubuh menjadi lemas, tidak berenergi, kehilangan keseimbangan, memicu kerusakan otak, dan koma.

Sebelum minum rebusan daun salam atau bahan alami lain, penderita diabetes dianjurkan konsultasi dahulu dengan dokter untuk memastikan keamanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com