Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Penggunaan Kosmetik Aman Berizin Edar BPOM

Kompas.com - 22/06/2024, 12:18 WIB
Rini Agustin,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap produk perawatan kulit dan kosmetik yang kita gunakan harus dipastikan sudah terdapat di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sebab, banyak produk berbahaya tidak terdaftar di BPOM atau memiliki nomer palsu.

Direktur Pengawasan Kosmetik BPOM, Irwan menyarankan agar konsumen menerapkan metode Cek Klik dalam menentukan produk kosmetik yang ingin dibeli.

"Masyarakat diimbau untuk terus menambah pengetahuan dan wawasan, sehingga menjadi konsumen cerdas dan berdaya dengan selalu menerapkan Cek Klik,” jelasnya dalam acara BPOM Bestie's Day di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Pertama, cek kemasan dengan memastikan kemasan selalu dalam kondisi sempurna. Kalau kemasannya kaleng, jangan sampai penyok, menggelembung, terbuka tutupnya ataupun rusak

Kedua, cek label pada makanan. Minimal, ada enam faktor yang harus dicantumkan diantaranya nomor izin edar, komposisi, nama produk, jenis, kode produksi, dan tanggal kedaluwarsa. Pastikan selalu baca label kosmetik yang akan dibeli.

Baca juga: Ramai soal Daftar Makeup China Disebut Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM

Ketiga, cek izin edar dengan memastikan selalu bahan pangan yang akan kita beli memiliki izin edar dari BPOM. Bahan kosmetik yang memiliki izin edar biasanya mencantumkan nomor registrasi dari BPOM.

Terakhir, pastikan selalu cek tanggal kedaluwarsa, menggunakan kosmetik sudah lewat tanggal kedaluwarsanya berisiko tinggi. Selain kualitas produk sudah berkurang atau hilang, bisa jadi bahan kosmetik mengalami perubahan komposisi kimia tertentu yang berbahaya.

“Inilah satu pegangan bagi masyarakat untuk mengetahui apakah produk itu aman dan bermanfaat ya," ujarnya.

Selain Cek Klik, Irwan juga menekankan pentingnya membeli produk perawatan kulit dn kosmsetik di tempat yang jelas dan terpercaya.

Adapun cara cek BPOM kini sudah bisa dilakukan secara online melalui laman resmi cek produk BPOM sebagai berikut:

Baca juga: Bagaimana Mekanisme BPOM Awasi Bahan Halal dalam Kosmetik?

1. Buka laman resmi BPOM https://cekbpom.pom.go.id/.
2. Masukkan nomor registrasi, nama produk, atau merk yang tertera (cukup pilih satu).
3. Klik "Cari".
4. Sistem akan menampilkan informasi terkait produk yang dicari cek BPOM.
5. Akan muncul data berupa nomor registrasi, nama produk, tanggal terbit, diterbitkan oleh, jenis produk, bentuk produk, merk, kemasan, pendaftar, dan produsen.

Beauty Influencer, Tasya Farasya yang turut hadir dalam acara ini juga memberikan tips sebelum memilih produk skincare yang ingin digunakan.

“Paling penting harus ada izin BPOM, selain itu aku juga harus coba dulu produknya selama sebulan cocok atau enggak di kulit aku, ada reaksi atau enggak, kalau cocok aku akan rekomendasikan ke followers aku,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini banyak produk perawatan kecantikan dan kosmetik buatan dalam negeri yang berkualitas dan sudah dipastikan aman berdasarkan hasil pemeriksaan BPOM.

"Sebenarnya produk-produk lokal sudah banyak sekali yang bagus, aman, dan terpercaya. Jadi, kenapa enggak kita menggunakan produk-produk yang aman dan terpercaya yang bagus dan sesuai jenis kulit kita?," katanya.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Alergi Kosmetik dan Cara Pencegahannya

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Flandiana Yogianti menambahkan, penggunaan skincare yang tidak tepat dapat memicu munculnya masalah kulit, sehingga kita harus mengetahui dulu jenis kulit

“Kalau tidak sesuai akan menyebabkan gangguan kulit, salah satunya beruntusan juga. Memang seyogyanya kalau membeli suatu produk di cek ada tidak izin edarnya, BPOM-nya. Sekarang kan zamannya online, sangat mudah untuk belanja, kita perlu cermat,” terangnya.

Ia juga menjelaskan tidak ada efek samping dari penggunaan produk kosmetik selama produk itu aman dan cocok. Perawatan kulit bisa dilakukan dengan rangkaian skincare dasar yang dilakukan dengan baik.

“Definisi kosmetik itu kan hanya membuat penampilan lebih baik ya, kalau untuk efek jangka panjang, misal mau wajah glowing, kuncinya memperbaiki barier kulit, dari skincare dasar seperti mencuci wajah dengan benar dan melembabkan wajah,” tuturnya.

Baca juga: Menyoal Urgensi Polisi Razia Kosmetik di Sekolah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com