Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawas untuk Ketiak Apakah Aman? Berikut Penjelasan Dokter Kulit...

Kompas.com - 23/08/2024, 20:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Tawas adalah garam mineral yang memiliki banyak kegunaan. Lantas, tawas untuk ketiak apakah aman?

Ternyata, tawas aman dan efektif untuk mengatasi bau ketiak berlebihan. Namun, penggunaan terlalu sering bisa memicu iritasi dan reaksi alergi pada kulit.

Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan dokter berikut.

Baca juga: Apa Penyebab Bau Ketiak yang Berlebihan? Berikut 8 Daftarnya

Tawas untuk ketiak apakah aman?

Penyebab bau ketiak yang paling umum yaitu bercampurnya keringat dengan bakteri di kulit.

Salah satu cara alami untuk mencegah bau tubuh yang tidak sedap adalah mengoleskan tawas pada area lipatan ketiak.

Dokter spesialis kulit dan kelamin RSU Bunda Margonda Depok dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK menjelaskan efektivitas tawas untuk ketiak. Dokter spesialis kulit dan kelamin RSU Bunda Margonda Depok dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK menjelaskan efektivitas tawas untuk ketiak.
Dokter spesialis kulit dan kelamin RSU Bunda Margonda Depok dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK, menjelaskan bahwa tawas memiliki efek astringen dan antiseptik sehingga cukup efektif dalam membantu mengurangi penyebab bau ketiak tersebut.

Dilansir dari Medical News Today, efek astrigen pada tawas membantu mengencangkan kulit dengan mengecilkan sel-sel, sehingga aliran keringat yang keluar menjadi lebih sedikit.

Adapun sifat antiseptik yang terkandung pada tawas berpotensi menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti permukaan kulit.

Sederet penelitian menunjukkan, beberapa bakteri umum yang bisa dicegah dengan penggunaan tawas, seperti Staphylococcus epidermidis dan Streptobacillus.

Baca juga: Apa Penyebab Ketiak Hitam? Simak Penjelasan Ahli Berikut...

Meski tawas efektif mengatasi bau ketiak, dokter Yasmina menganjurkan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, karena bisa memicu beberapa efek samping.

"Penggunaan tawas perlu dibatasi pada dosis tertentu yang masih aman. Pada dosis lebih tinggi atau pada kulit sensitif diketahui dapat menyebabkan iritasi dan/atau alergi," kata dr.Yasmina saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/8/2024).

Adapun gejala yang dialami bisa berupa kulit ketiak terasa perih, gatal, panas, kemerahan, bruntusan, mengelupas, dan kehitaman.

Seseorang yang mengalami efek tersebut sebaiknya segera menghentikan penggunaan tawas untuk ketiak. Konsultasikan juga ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui perawatan yang sesuai untuk mengatasi bau ketiak berlebihan.

Adapun perawatan medis untuk mengatasi bau ketiak yang bisa dilakukan, menurut dokter Yasmina, yaitu menggunakan obat oles seperti aluminium hidroksida utk mengurangi produksi keringat dan pemberian antibiotik oleh dan untuk diminum.

Pada tingkat keparahan tertentu dapat dilakukan tindakan berupa injeksi botulinum toxin pada ketiak yang bertujuan untuk mengurangi produksi kelenjar keringat dalam jangka waktu lebih panjang.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau