Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Lemon Bisa Memutihkan Ketiak Hitam? Simak Penjelasan Berikut

Kompas.com - 05/07/2023, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Mengoleskan irisan lemon pada ketiak dipercaya bisa membuat ketiak terlihat lebih cerah. Namun, apakah lemon bisa memutihkan ketiak hitam?

Ternyata, lemon memiliki kandungan asam yang bisa memicu rasa terbakar ketika terpapar sinar matahari sehingga menyebabkan hiperpigmentasi atau menggelapnya kulit.

Namun, beberapa ahli juga percaya bahwa kandungan asam di dalam lemon bisa merontokkan sel kulit mati dan membuat ketiak lebih cerah.

Sebelum mencoba untuk menggunakan lemon, ketahui manfaat lemon untuk mencerahkan kulit ketiak dan cara memutihkan ketiak secara alami yang bisa dicoba berikut ini.

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Ketiak Hitam

Apakah lemon bisa memutihkan ketiak?

Meskipun sering dianggap bisa memutihkan ketiak hitam secara alami, manfaat lemon masih diperdebatkan.

Dilansir dari HuffPost, mengoleskan lemon bisa menyebabkan rasa sakit atau seperti terbakar ketika terpapar dengan sinar matahari.

Ketiak yang sudah hitam kemudian akan bertambah gelap karena kondisi ini bisa memicu hiperpigmentasi.

Perubahan warna pada ketiak akan berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan sebelum akhirnya berangsur membaik.

Sebaliknya, beberapa ahli percaya bahwa kandungan asam di dalam lemon bisa membantu mencerahkan ketiak.

Menurut Dr. Alok Vij, MD, yang merupakan dokter spesialis kulit Cleveland Clinic, menyebutkan bahwa kandungan asam yang ada pada lemon bisa merontokkan lapisan sel kulit terluar sehingga membuatnya terlihat lebih cerah.

Untuk mendapatkan ketiak yang lebih cerah, Anda bisa mengoleskan irisan lemon pada ketiak dan mendiamkannya selama 10 menit, kemudian membilasnya hingga bersih menggunakan air dingin.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan air lemon dengan kunyit dan mengaplikasikannya di ketiak. Tunggu hingga 30 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Meskipun bisa membuat ketiak lebih cerah, penggunaan lemon bisa menyebabkan iritasi pada beberapa orang dan tidak disarankan untuk digunakan terlalu sering.

Anda diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan lemon atau metode lainnya yang belum terbukti aman secara medis.

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Tangan Kasar dan Cara Mengatasinya

Cara memutihkan ketiak secara alami

Meskipun umumnya bukan merupakan masalah medis yang serius, ketiak yang terlihat lebih gelap dari area tubuh lainnya sering menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com