Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur Akhir Pekan Menurunkan Risiko Penyakit Jantung hingga 20 Persen

Kompas.com - 01/09/2024, 11:30 WIB
Khairina

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com- Kesibukan membuat banyak orang tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Sebuah penelitian baru menunjukkan, tidur di akhir pekan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung pada orang yang kurang tidur.

Seperti dilansir Healthline, dengan mengejar waktu tidur yang "hilang" di hari kerja dengan tidur di akhir pekan, risiko penyakit jantung berkurang hingga 20 persen.

Tidur kompensasi yang cukup dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah,” kata salah satu penulis studi Yanjun Song, PhD, dari State Key Laboratory of Infectious Disease, Rumah Sakit Fuwai dan Pusat Nasional untuk Kardiovaskuler.

Baca juga: Kepala Pusing Saat Bangun Tidur Gejala Apa? Berikut Penjelasannya...

Untuk penelitian ini, para peneliti kardiovaskular menganalisis data dari 90.903 subjek. Para peserta melaporkan sendiri berapa lana mereka tidur sebagai bagian dari proyek ini.

Sekitar 1 dari 5 subjek dianggap kurang tidur, yang didefinisikan sebagai tidur kurang dari 7 jam per malam.

Para peneliti ingin menilai bagaimana “kompensasi tidur” - atau mengejar waktu tidur yang hilang di akhir pekan - berdampak pada risiko penyakit jantung.

Baca juga: Banyak Tidur Gejala Penyakit Apa? Berikut 7 Daftarnya…

Subjek dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan seberapa banyak “kompensasi” tidur yang mereka dapatkan pada akhir pekan.

Selama masa tindak lanjut rata-rata sekitar 14 tahun, peserta dalam kelompok 4, yang memiliki tidur kompensasi paling banyak, 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan kelompok 1, yang memiliki jumlah tidur kompensasi paling sedikit.

Pada subkelompok subjek dengan kurang tidur setiap hari, individu dengan tidur kompensasi paling banyak memiliki risiko penyakit jantung 20 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang paling sedikit.

Tidak ada perbedaan dalam temuan ini antara pria dan wanita.

“Tidur membantu menjaga jantung tetap sehat melalui berbagai mekanisme, termasuk meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, mengendalikan berat badan, dan bahkan memoderasi peradangan,” kata Cheng-Han Chen, MD, ahli jantung intervensi bersertifikat dan direktur medis dari Program Jantung Struktural di MemorialCare Saddleback Medical Center di Laguna Hills, CA, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Rigved Tadwalkar, MD, seorang ahli jantung konsultatif bersertifikat di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, CA, yang tidak berafiliasi dengan penelitian ini, mengatakan efek “tidur kompensasi” dalam penelitian ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon stres seperti kortisol, yang dapat menyebabkan masalah jantung. Mengejar waktu tidur dapat membantu menurunkan tingkat ini,” kata Tadwalkar.

“Kurang tidur kronis juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung. 'Tidur kompensasi' dapat membantu menormalkan tanda-tanda vital ini. Tidur juga dikenal sebagai kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh melawan infeksi dan peradangan dengan lebih baik, yang terkait dengan penyakit jantung,” jelasnya.

Chen mencatat efek riak yang ditimbulkan oleh kurang tidur terhadap kesehatan jantung, seperti meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, dan obesitas.

Tadwalkar menguraikan lebih lanjut, di luar efek kurang tidur terhadap tingkat stres dan tekanan darah, kurang tidur dapat meningkatkan peradangan dan merusak fungsi endotel, yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung.

“Faktor-faktor ini dapat menyebabkan risiko aterosklerosis yang lebih tinggi, di mana plak menumpuk di arteri, yang mengarah ke risiko serangan jantung dan stroke yang lebih tinggi,” kata Tadwalkar.

“Selain itu, kurang tidur dapat mengganggu ritme sirkadian alami tubuh, yang dapat mempengaruhi produksi hormon yang terlibat dalam mengatur kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan resistensi insulin, suatu kondisi di mana tubuh menjadi kurang responsif terhadap insulin, hormon yang membantu mengatur gula darah,” lanjutnya.

Tadwalker menjelaskan, meskipun resistensi insulin tidak secara langsung terkait dengan penyakit kardiovaskular, namun sering dikaitkan dengan gangguan metabolisme lainnya, termasuk obesitas dan tekanan darah tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau