Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimalkan Pemulihan Fisik, Klinik Fisioterapi Dilengkapi Alat Modern

Kompas.com - 26/09/2024, 10:29 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Fisioterapi memiliki peran kunci dalam proses pemulihan pasien, baik untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilitas, maupun mempercepat penyembuhan setelah cedera atau operasi.

Fisioterapi berfokus pada pemulihan gerakan, kekuatan, fleksibilitas, dan mengurangi rasa sakit melalui teknik terapi manual, latihan, dan penggunaan alat bantu.

Berbagai alat dan teknik yang biasa digunakan dalam fisioterapi, seperti TENS yang  mengirimkan sinyal listrik kecil ke area yang sakit untuk meredakan nyeri dan meningkatkan sirkulasi darah, terapi ultrasound, alat pemanas dan pendingin, serta masih banyak lagi.

Sebagian klinik fisioterapi juga dilengkapi dengan alat-alat canggih dan baru untuk mendukung program rehabilitasi.

Klinik Physiorehab misalnya, memiliki fasilitas eksklusif yakni Shockwave Therapy yang tersedia di klinik Physiorehab Serpong Tangerang, dan Spinal Traction Machine yang tersedia di Physiorehab cabang PIK 2.

Baca juga: Tingkatkan Standar Fisioterapi, Physiorehab Berkolaborasi dengan Dokter Alan Cheung

Klinik fisioterapi Physiorehab membuka cabang terbarunya di Gandaria Jakarta Selatan.Dok Physiorehab Klinik fisioterapi Physiorehab membuka cabang terbarunya di Gandaria Jakarta Selatan.

"Spinal Traction Machine merupakan mesin yang dirancang khusus untuk mengatasi berbagai masalah punggung dan umumnya hanya dapat dijumpai di rumah sakit besar," jelas Co-founder and Chief Physiotherapist Physiorehab, Simon Prasetyo, dalam siaran pers.

Physiorehab menggunakan pendekatan kombinasi antara terapi manual seperti pijat, peregangan, dan latihan dengan dukungan teknologi mutakhir, seperti perangkat modalitas dan peralatan khusus.

"Semua metode yang diterapkan berbasis bukti ilmiah dan mengikuti prinsip-prinsip medis yang telah terbukti efektif," katanya.

Bekerja sama dengan dr. Alan Cheung, Director International Orthopaedics Clinic Singapore, Physiorehab mampu menangani berbagai kondisi fisik, mulai dari fisioterapi geriatri, rehabilitasi pasca operasi, pemulihan cedera olahraga, hingga perawatan kesehatan umum yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup.

Menurut Simon, perawatan tiap pasien dirancang secara personal sesuai hasil dari penilaian tersebut.

Baca juga: Teknologi Canggih yang Mempercepat Pemulihan Cedera di Euro 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau