Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Kulit Atasi Gatal dan Ruam akibat Eksim

Kompas.com - 23/10/2024, 16:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Eksim atau peradangan pada kulit bisa diawali sejak bayi baru lahir, usia anak, hingga dewasa. Anak-anak dengan eksim bisa mengalami gejala kulit ruam merah dan gatal. Dibutuhkan perawatan kulit yang tepat agar gejalanya tak memburuk.

Eksim atau disebut dermatitis atopik paling banyak ditemukan pada bayi, dengan 45 persen diantaranya mengalami gejala awal pada enam bulan pertama setelah lahir, 60 persen di bawah usia satu tahun dan 85 persen di bawah usia lima tahun.

Gejala eksim yang paling umum adalah munculnya ruam merah yang sangat gatal, terutama pada lipatan kulit seperti siku, lutut dan pergelangan tangan. Rasa gatal yang intens dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan kulit terluka akibat garukan, bahkan infeksi.

Dikutip dari nationaleczema.org, hingga saat ini penyebab utama eksim atau sering disebut juga dengan dermatitis atopik belum diketahui dengan pasti. Para peneliti menduga, eksim bisa muncul karena adanya interaksi antara gen dan pemicu dari lingkungan.

Obat untuk menyembuhkan eksim juga belum ada, tetapi ada banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejalanya.

Baca juga: Ketahui, Alasan Kulit Pengidap Eksim Lebih Kering

Perawatan harian

Kulit pengidap dermatitis atopik cenderung sangat kering. Hal ini disebabkan karena peradangan kulit menyebabkan kerusakan pada stratum korneum, atau pelindung kulit (skin barrier).

Rangkaian Mustela Stelatopia+ Emollient Cream untuk perawatan kulit eksim.Dok Interbat Rangkaian Mustela Stelatopia+ Emollient Cream untuk perawatan kulit eksim.

Pelindung kulit adalah lapisan terluar kulit yang memiliki dua fungsi: melindungi zat pengiritasi, termasuk bakteri, virus, dan alergen agar tidak masuk ke dalam tubuh kita dan berfungsi mencegah keluarnya kelembapan.

Gen, trauma kulit seperti akibat garukan atau gesekan dan peradangan yang disebabkan oleh sistem imun, semuanya dapat menyebabkan lapisan kulit yang rusak. Efeknya muncul gejala gatal, kemerahan, dan peradangan.

Cara paling efektif untuk mengatasi kulit kering dan gatal adalah dengan memberikan kelembapan yang dibutuhkan dan membantu mempertahankannya.

Itu sebabnya, menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan yang bisa mempertahankan kelembaban sangatlah penting.

Zat aktif yang diketahui efektif menjaga kelembaban kulit antara lain shea butter, petroleum jelly, mineral oil, hingga avocado oil.

Baca juga: Memutus Siklus Gatal akibat Eksim demi Kulit Lebih Sehat

Memperingati Bulan Kesadaran Eksim yang jatuh pada bulan Oktober ini, Mustela sebagai brand perawatan untuk seluruh keluarga, memperkenalkan inovasi terbarunya, Mustela Stelatopia+ Emollient Cream.

Brand Manager Mustela Indonesia, Indira Natalia mengatakan, bahan-bahan utama yang dipakai dalam rangkaian perawatan kulit ini adalah Triple Lipid Complex yang berasal dari shea butter, avocado oil, dan sunflower oil distillate yang kini dikombinasikan dengan bioecolia untuk memelihara mikroflora kulit.

"Menurut penelitian tim Mustela, bakteri baik di kulit yang seimbang sangat penting bagi kesehatan kulit. Karena itu kita juga membutuhkan prebiotik untuk menjaga keseimbangan ekosistem mikrobiota kulit," katanya.

Ia menambahkan, hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan, pemakairan rutin perawatan kulit Mustela mampu mengurangi kekeringan pada kulit, memperbaiki lipisan pelindung, serta menjaga mikroflora kulit.

Rangkaian produk Mustela terdiri dari sabun mandi, cleansing oil, dan juga sampo.

Baca juga: Apakah Eksim Sama dengan Alergi? Berikut Penjelasannya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau