Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gizi Buruk, Bisa Juga Gara-gara Cacingan!

Kompas.com - 11/11/2008, 22:40 WIB

MEDAN, SELASA - Cacing pita yang menyerang anak-anak dapat menyebabkan penurunan berat badan secara drastis dan pada akhirnya dapat menimbulkan gizi buruk.
     
"Bila seorang anak terjangkit cacing pita dan tidak segera diatasi dengan mengonsumi obat, maka anak itu berpotensi menderita gizi buruk karena cacing jenis ini langsung menyerang pencernaan," kata Direktur Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM) Medan, dr. Delyuzar, SpPA, di Medan, Selasa.

Menurut staf pengajar Fakultas Kedokteran UNiversitas Sumatera Utara (USU) itu, cacing pita tidak hanya menyerang anak-anak tapi juga orang dewasa. Cacing pita akan masuk ke dalam tubuh bila makanan yang dikonsumsi sudah bercampur dengan telur cacing pita.

"Biasanya serangannya langsung ke usus dan bisa berdampak fatal bagi pencernaan. Gejala pada anak-anak menyebabkan berat badan tidak bertambah dan semakin kurus," katanya.

Tanda-tanda orang yang terserang cacing pita dapat dilihat dengan adanya gangguan di pencernaan seperti perut sakit, usus terasa sakit, diare dan mencret-mencret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com