Rabu, 23 April 2014 14:43

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

9 Jenis Alergi Aneh

Senin, 2 Mei 2011 | 10:54 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

KOMPAS.com - Alergi debu, biasa. Alergi bulu anjing, sering ditemui penderitanya. Tapi alergi air? Masih ada alergi-alergi terhadap hal-hal yang mungkin tak pernah terpikirkan. Apa saja? Inilah beberapa di antaranya.

1. Air

Alergi terhadap air disebut Aquagenic Urticaria. Penderitanya sangat jarang. Gejalanya, penderita akan merasa gatal-gatal, muncul tanda-tanda, serta luka di bagian kulit yang terkena air. Alergi ini berbahaya mengingat air adalah salah satu materi yang melimpah--terlepas dari masalah sulitnya akses ke air bersih.

Ahli medis belum mengetahui penyebab alergi air. Tapi, mereka menyadari bahwa histamin, yang menyebabkan banyak alergi, tidak dapat dijadikan alasan karena penderita alergi air tidak membaik ketika diberi antihistamin. Tebakan terbaik mereka: penderita alergi air mungkin bereaksi terhadap zat tambahan dalam cairan tersebut.

2. Ponsel

Materi pembuat ponsel mengandung nikel, suatu bahan yang dapat menyebabkan alergi pada banyak orang. Selain itu, radiasi, elektromagnet, dan gelombang mikro dapat memici reaksi alergi pada orang berkulit sensitif.

3. Sinar Matahari

Bak vampir, penderita photo uticaria (alergi sinar matahari), tidak dapat terkena sinar matahari. Apabila mereka terkena sinar matahari terlalu banyak, kulit mereka akan luka.

Efeknya dapat dikurangi dengan antihistamin dan steroid alergi. Tapi tetap saja mereka tidak dapat berjemur di pantai.

4. Seks

Ada wanita yang alergi terhadap air mani--pria juga ada. Dokter tidak mengetahui penyebabnya, tapi orang yang menderita Human Seminal Plasma Hypersensitivity akan menderita luka kulit setelah 10 menit terkena air mani.

Solusi masalah ini unik: semakin sering terkena air mani, tubuh akan semakin kuat terhadap air mani!

5. Deodoran

Jangan salahkan orang yang memiliki bau badan karena mungkin mereka tidak punya pilihan lain. Mereka alergi terhadap deodoran. Pengharum tubuh itu bisa menyebabkan sakit, gatal, kemerahan, dan luka pada kulit.

Untungnya saat ini sudah ada beberapa deodoran yang diresepkan dokter. Deodoran tersebut memiliki kandungan penyebab alergi yang sudah dikurangi. Selain itu, bedak bayi juga dapat digunakan sebagai pencegah bau badan.

6. Keringat

Keringat bisa mengandung banyak racun yang dikeluarkan oleh tubuh. Orang-orang yang memiliki kulit sangat sensitif bisa bereaksi terhadap racun tersebut. Gejalanya: kemerahan, gatal, bahkan luka yang sangat sakit dan berlangsung selama beberapa jam.

Seperti halnya beberapa alergi lain, dokter belum menemukan penyebabnya. Tapi dengan pengobatan sederhana, gejala bisa ditekan.

7. Olah Raga

Sangat sulit mendiagnosis alergi bernama Exercise Urticaria ini. Soalnya, ketika orang berolah raga, begitu banyak hal terjadi di dalam tubuhnya. Tapi, gejala yang biasa terjadi adalah gatal-gatal, bentol, mual, dan muntah. Ketika situasinya sudah parah, mereka bisa shock dan harus diberi suntuikan epinefrin.

8. Uang

Kebanyakan alergi uang terjadi karena uang logam yang terbuat dari nikel--tadi sudah disebutkan jika nikel menyebabkan alergi. Sulit menghindari nikel karena bahan ini banyak terdapat dalam kehidupan sehari-hari--koin, senar gitar, baterai, magnet, dan lain-lain.

9. Sepatu

Sepatu mengandung pewarna, lem, karet, dan bahan-bahan lain yang bisa bersentuhan dengan salah satu bagian tubuh yang mudah berkeringat, telapak kaki. Penderita alergi akan merasa gatal, kulit kemerahan, serta kulit mengelupas.

Obat-obatan alergi dapat menolong, tapi kalau seseorang menderita alergi terhadap karet atau kulit, mungkin ia harus sering bertelanjang kaki.

Itulah beberapa alergi aneh. Adakah yang Anda punya? (Alex Pangestu/egoTv)


Sumber :
National Geographic Indonesia
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui