Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa, Beda Rumah Itu Beda "Hawa"!

Kompas.com - 17/06/2011, 11:51 WIB

KOMPAS.com — Pernahkah Anda merasakan beda "hawa" antara rumah satu dan yang lain? Nah, hal ini ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal yang terkadang luput diperhatikan.

Sebagai salah satu tempat utama bersantai, beristirahat, dan bercengkerama dengan keluarga, aroma rumah sebaiknya senantiasa wangi dan menenangkan. Apabila kondisi rumah lembab dan berbau tidak enak, dijamin keluarga Anda tidak betah berlama-lama menghabiskan waktu bersama. Oleh karena itu, agar ruangan selalu segar sekaligus sehat, perhatikan jurus-jurus berikut ini;

Kondisi ventilasi udara

Anda harus selalu memastikan bahwa jendela di rumah terbuka setiap pagi minimal 20 menit. Hal tersebut memungkinkan udara segar masuk ke dalam rumah menggantikan udara kotor.

Sampah

Segera buang sampah di dalam rumah, terutama sampah sisa makanan dan sampah berbau menyengat lainnya. Jika tempat sampah masih menyebarkan aroma tidak sedap, ambil dan sebarkan secara merata abu gosok ke dalamnya.

Pewangi alami

Sekarang ini banyak tersedia pewangi rumah, tetapi kebanyakan tidak alami. Padahal, alam ini menyediakan berbagai sumber wangi yang murah dan mudah didapatkan. Pertama, tanam berbagai macam bunga yang menimbulkan wewangian di halaman rumah. Contohnya, bunga mawar, melati, kaca piring, kemuning, kenanga, dan sedap malam.

Usahakan menanam bunga di dekat pintu atau jendela agar aroma wanginya bisa masuk ke dalam rumah. Saat bunga-bunga itu bermekaran pada musimnya, Anda sekeluarga akan menghirup wewangian istimewa pemberian alam.

Anda juga bisa memetik beberapa helai bunga untuk ditaruh di dalam rumah.

Kedua, manfaatkan bumbu dapur yang tersedia di lemari penyimpanan Anda. Ada berbagai macam cara menggunakan bumbu tersebut yang bisa Anda dapatkan melalui berbagai media dan internet. (INO)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com