Sabtu, 26 Juli 2014 12:06

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Plum, Buah Pencegah Osteoporosis

Senin, 22 Agustus 2011 | 09:18 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para wanita dewasa untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.  Di antara mereka, ada yang rutin melakukan latihan, meminum susu tinggi kandungan kalsium, menggunakan suplemen, atau pun melakukan diet khusus.

Tetapi kini ada cara yang lebih simpel dan mungkin perlu dipertimbangkan.  Cara tersebut yaitu mengonsumsi buah plum. Menurut penelitian terbaru,  para wanita yang rutin mengonsumsi buah plum tampaknya bisa memperoleh manfaat untuk kesehatan tulangnya. Plum yang juga dikenal memiliki senyawa anti-kanker ini ternyata dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko terkena osteoporosis.

Para ahli dari Florida State and Oklahoma State University melakukan percobaan dengan melibatkan 100 wanita pascamenopouse. Sebanyak 55 wanita diminta untuk mengkonsumsi 100 gram plum setiap hari selama 12 bulan, sementara sisanya diminta mengkonsumsi 45 gram apel kering sebagai pengganti plum. Setiap hari, peserta juga menerima suplemen mengandung 500 mg kalsium dan vitamin D sebanyak 400IU.

Hasil analisis menunjukkan bahwa, wanita yang mengkonsumsi plum memilki kepadatan tulang lebih tinggi pada bagian ulna (tulang lengan) dan tulang belakang dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi apel.

Salah satu peneliti, dr. Bahram Arjmandi percaya, mengkonsumsi plum dapat membantu menekan laju resorpsi (kerusakan) tulang, yang biasanya melebihi laju pertumbuhan tulang baru pada orang tua.

"Selama saya berkarir, saya telah menguji beberapa buah, termasuk di antaranya buah ara, kurma, stroberi, dan kismis, dan tidak satupun dari buah-buahan tersebut memiliki efek kepadatan tulang, tetapi plum kering atau plum memilikinya (efek kepadatan tulang)," ujarnya.

Ilmuwan, yang temuannya dipublikasikan dalam British Journal of Noutrition, menggambarkan efek dari plum unutk kesehatan tulang sebagai hal yang luar biasa dan mendesak orang untuk mulai mengkonsumsi buah tersebut setiap harinya. (M10-11)


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui