Jumat, 29 Mei 2015

Health

Pengamanan Gereja Di Palangkaraya Diperketat

Sabtu, 24 Desember 2011 | 18:07 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Pengamanan gereja-gereja di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, diperketat menjelang malam Natal. Sebanyak 12 gereja dijaga polisi dan setidaknya tiga gereja sudah disterilkan, Sabtu (24/12/2011), sejak sekitar pukul 16.00.

Kepala Bagian Operasi Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng, Komisaris Polisi Rusman, di Palangkaraya, mengatakan, gereja-gereja yang disterilkan yakni Sion, Sakatik, dan Immanuel. Langkah itu dilakukan, karena gereja-gereja tersebut termasuk yang paling besar di Palangkaraya.

Sementara gereja lain yang mendapatkan pengamanan yakni Efrata, Pantekosta, Santa Maria, Maranatha, Parapah, Bethany, HKBP, Getsemani, dan Bethel. Rusman menjelaskan, pengamanan dilakukan Kepolisian Resor Kota Palangkaraya bersama Polda Kalteng.

Setiap gereja terlihat rata-rata diamankan tiga polisi hingga empat polisi. Meski demikian, gereja yang kecil hanya dijaga dua orang.

"Memang tergantung daya tampung gereja. Kalau kapasitas gerejanya kecil, polisi yang berjaga tak terlalu banyak," tutur Rusman.

 

Penulis: Dwi Bayu Radius
Editor : Agus Mulyadi