Selasa, 23 September 2014 09:20

Film "Streaming" Bakal Mematikan DVD?

Penulis : Didik Purwanto | Selasa, 27 Maret 2012 | 11:04 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
NETFLIX

KOMPAS.com -  Film streaming dari internet akan lebih diminati dari film di keping DVD. Apakah ini akan menjadi titik kematian DVD?

Seperti dilansir TechCrunch, lembaga survei IHS Screen Digest merilis laporan tentang ramalan kematian film DVD pada tahun 2012 ini. Penggemar film akan lebih sering menikmatinya di internet melalui video streaming dibandingkan menikmati melalui DVD.

Film streaming akan meningkat menjadi 3,4 miliar judul di tahun ini, dibandingkan 1,4 miliar judul di tahun lalu. Sementara konsumsi Blu-ray dan DVD hanya naik menjadi 2,4 miliar judul film.

Hasil survei itu juga menyebut bahwa layanan video streaming seperti Netflix menyumbang sekitar 94 persen dari seluruh konsumsi film berbayar secara online.

"Peralihan bisnis film ini hanya soal waktu. Hampir sembilan tahun setelah peluncuran iTunes Store, Compact Disc (CD) masih menjadi bagian penting dari bisnis musik," kata penulis lapiran IHS Dan Cryan.

Memang kebanyakan orang di seluruh dunia masih akan membeli film dengan format DVD atau CD. Tapi film dengan format Blu-ray pun akan bersiap menggantikan film dengan format DVD dan CD itu.

Lembaga survei tersebut juga menjelaskan mengapa penggemar film harus membeli film berformat high definition (HD) dalam bentuk optik, bila bisa mengunduh film berkualitas sama di internet.

Di negara berkembang, seperti Indonesia memang akan masih banyak penjualan film berformat optik. Tapi dengan seiring harga internet broadband yang akan semakin murah, maka cara menikmati film pun juga akan berubah.

Sebuah film kebanyakan akan muncul dalam bentuk format digital, baik secara legal maupun ilegal. Tapi tidak lama setelah film dirilis, film memang akan dijual dalam format DVD.

 


Sumber :
techcrunch
Editor :
Reza Wahyudi

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui