Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Putih Telur untuk Masker Wajah

Kompas.com - 20/05/2012, 16:25 WIB

KOMPAS.com - Produk-produk perawatan wajah saat ini mulai memanfaatkan bahan-bahan alami. Untuk mencerahkan wajah, misalnya, digunakan masker yang mengandung lemon. Mentimun, biasa dimanfaatkan sebagai penyegar alami pada wajah, selain dapat melembutkan kulit dan mempercepat regenerasi kulit. Atau bengkuang, yang dipercaya mampu memutihkan kulit.

Untuk mengencangkan kulit wajah dan sebagai bahan "facelift" alami, aktris Lisa Rinna mengaku menggunakan putih telur. Perempuan berusia 48 tahun yang memang masih terlihat awet muda ini rajin melakukan facial putih telur dan kayumanis untuk memberi kesan tebal pada bibirnya. Ia menjelaskan cara membuat masker putih telur, dan alasan ilmiah di balik penggunaan bahan-bahan makanan tersebut, dengan bantuan Dr Andrew Ordon, pakar bedah rekonstruksi yang juga host acara The Doctors.

"Caranya, pisahkan kuning telurnya, lalu oleskan putih telur pada wajah. Putih telur itu akan mengeras dan mengencang, jadi seperti melakukan facelift instan," ujar bintang Days of Our Lives ini.

Dr Ordon mengiyakan penjelasan Lisa, dan menerangkan bahwa putih telur pada dasarnya merupakan masker dan bahan penyebab kontraksi pada jaringan tubuh yang mengandung protein. "Protein inilah yang membantu memberikan kelembaban kembali pada kulit, dan mengencangkan kulit Anda sebelum Anda membasuhnya," tutur profesor bidang bedah plastik di David Geffen School of Medicine, UCLA ini.

Lisa mengakui, dulu ia termasuk maniak bedah plastik. Botox, filler, implan bibir dan payudara, pernah dilakukannya. Namun pada 2009, ia menyadari wajahnya menjadi aneh karena terlalu sering menjalani injeksi filler. Namun sekarang, untuk menebalkan bibirnya ia menggunakan minyak kayumanis yang dicampur dengan madu (sebagai bahan eksfoliasi atau pengelupasan kulit), gula, dan minyak.

"Kayumanis menggunakan reaksi peradangan pada tubuh untuk menebalkan bibir secara sementara. Kayumanis membuat bibir sedikit membengkak sebagai hasil reaksi peradangan itu," kata Dr Ordon.

Jika Anda berminat mencoba melakukan eksfoliasi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur, silakan simak cara yang dilakukan Lisa. Campur rata putih telur, madu, minyak jeruk nipis, minyak zaitun, dan gula, lalu gunakan sebagai scrub pada punggung tangan, bibir, dan wajah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com