Rabu, 23 Juli 2014 10:43

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

Olahraga 30 Menit Per Hari Efektif Turunkan Berat Badan

Penulis : Natalia Ririh | Jumat, 24 Agustus 2012 | 14:52 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock

KOMPAS.com - Maraknya pusat kebugaran mempermudah orang dewasa yang ingin menurunkan berat badan berolahraga. Dengan harapan timbunan lemak bisa cepat terbakar, mereka memanfaatkan beragam alat dan fasilitas olahraga dalam jangka waktu yang lama.

Sebuah riset dari Universitas Copenhagen menyimpulkan, jangka waktu olahraga paling tepat dilakukan selama 30 menit per hari. Jika berolahraga sampai dua kali lebih lama, menurut penelitian, hasilnya sama.

Para peneliti mengatakan, seseorang berkeringat selama 30 menit per hari sudah cukup membantu penurunan berat badan. Penelitian yang diterbitkan American Journal of Physiology menemukan, mereka yang berlari, mendayung atau bersepeda selama 30 menit mengalami penurunan berat badan empat kilogram selama tiga bulan. Sedangkan, mereka yang berolahraga rutin satu jam dua kali seminggu berhasil turun tiga kilogram selama tiga bulan.

Mads Rosenkilde, ketua tim penelitian, mengatakan olahraga memang baik untuk kesehatan psikis dan fisik. Masalahnya adalah berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk melakukannya.

Rosenkile meminta 60 respondennya yang memiliki kelebihan berat badan berolahraga selama tiga bulan. Separuh dari responden diminta berolahraga selama 1 jam per hari. Kelompok kedua hanya berolahraga 30 menit per hari. Kedua kelompok dimonitor denyut jantungnya dan dihitung kalorinya.

"Berolahraga selama satu jam penuh bukan setengahnya tidak menghasilkan penyusutan lemak lebih banyak," ujarnya.

Rosenkilde belum mengetahui mengapa olahraga lebih lama justru tidak menurunkan berat badan secara signifikan. Ia menduga, saat beristirahat mereka yang berolahraga satu jam lebih per hari akan mengonsumsi makanan lebih banyak. Maklum, energi yang terbuang karena olahraga juga tak sedikit.


Sumber :
Editor :
Kistyarini

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui