Sabtu, 25 Oktober 2014 06:50
Caring by Sharing | Kompas.com
GIZI & PRESTASI
HOME | TIPS GIZI & KESEHATAN


Makanan Tinggi Serat untuk Anak Susah BAB

Jumat, 19 Oktober 2012 | 14:04 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Popcorn

KOMPAS.com - Konstipasi atau kesulitan buang air besar dapat menimpa siapa saja termasuk anak-anak. Menurut para ahli dari The American Academy of Family Physicians, kesulitan BAB pada anak dapat timbul karena beragam penyebab seperti faktor dehidrasi atau pola makan.

Salah satu cara aman dalam mengatasi konstipasi anak adalah dengan mengonsumsi makanan mengandung serat.  Serat dapat merangsang pergerakan usus secara teratur serta membantumemperlunak buangan atau kotoran. Meskipun beberapa anak kadang enggan mengonsumsi serat karena kebiasaan pilih-pilih makanan, tetapi selalu ada banyak trik dan cara agar mereka tertarik mengonsumsi serat.
Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu anak mengatasi kesulitan buang air besar.

1. Produk berbahan oat

Oatmeal adalah salah satu pilihan ideal bagi anak untuk memeroleh asupan serat dan membantu mencegah terjadi konstipasi. Anda dapat menyajikannya dengan beragam cara dan rasa. Tawarkan  buah hati Anda untuk menambahkan potongan buah segar atau pun buah kering untuk menambahkan rasa lebih enak. Menurut pakar kesehatan dari MayoClinic, secangkir bubur oat instant mengandung 4 g serat. Jika Anak Anda tidak menyukai oatmeal, cobalah membuat bran muffins dari oat, dan mungkin dapat menambahkan raisin untuk ekstra serat. Sebuah bran muffin terbuat dari oat berukuran sedang mengandung 5,2 serat.

2. Sup sayuran

Menyajikan sup adalah cara yang baik untuk menambahkan serat ke dalam menu diet anak.  Sup yang terbuat dari sayuran dapat menyediakan serat yang dibutuhkan anak dan membantu mengatasi konstipasi. Dr. Vincent Iannelli dari Keepkidshealthy.com menyatakan, bukan hanya sup yang menyedian asupan serat bagi anak, namun cairan juga dapat membantu meredakan konstipasi. Bila anak Anda tidak memeroleh cairan yang cukup, buangan/tinja akan menjadi lebih keras dan sulit untuk dibuang. Anda dapat menyajikan sup dengan variasi crackers gandum untuk menambah lebih banyak serat.

3. Popcorn

Popcorn adalah makanan favorit anak dan merupakan sumber serat yang baik. Menurut para ahli dari MayoClinic, popcorn yang dibuat dengan alat bertekanan udara (air popped-popcorn) merupakan pilihan yang sehat untuk anak-anak. Dalam 3 cangkir air popped-popcorn, mengandung serat sebanyak 3,5 gram.  Supaya lebih sehat, disarankan untuk menghindari jenis popcorn yang dicampur mentega atau pilihlah popcorn dengan kandungan rendah lemak.

4. Kacang

Anda dapat menyajikan menu makanan untuk anak dengan menggunakan bahan kacang hitam atau kacang merah. Secangkir kacang hitam yang telah dimasak mengandung sekitar 15 gram serat.  Cara lainnya adalah dapat mengganti nasi putih dengan brown rice atau beras coklat. yang menurut Mayoclinic mengandung 3,5 gram serat dalam setiap satu cangkir penyajian.


Sumber :
LiveStrong
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui

YOUR BODY

Loading...

VIDEO