Minggu, 2 Agustus 2015

Health

Kiat Meningkatkan Produksi ASI

Senin, 12 November 2012 | 08:43 WIB

TANYA :

Dear konselor AIMI, apakah bentuk payudara yang besar merupakan jaminan ASI nya akan banyak? Karena saat ini usia bayi saya baru 4 bulan, namun saya hanya memberi asi jika di rumah saja.  Saat saya di kantor, saya memerah hanya dapat 80 mililiter dan itu sudah paling banyak. Saya sudah bantu dengan meminum vitamin penambah asi dan asupan makannya. Mohon pencerahan agar ASI saya banyak?

(Mirza, 27, Jakarta Selatan)


JAWAB :

Dear ibu Mirza,

Salut dengan keinginan ibu untuk tetap menyusui. Ibu khawatir dengan produksi ASI ibu? Produksi ASI sangat dipengaruhi seberapa sering ASI dikeluarkan, baik dengan disusukan langsung maupun dengan diperah. Semakin sering disusukan dan diperah, produksi ASI akan semakin bertambah banyak.

Boleh tahu selama tidak bersama bayi ibu memerah setiap berapa jam? Sangat disarankan memerah ASI sesuai dengan jadwal bayi menyusui, yaitu setiap 2-3 jam, sehingga payudara dirangsang untuk memproduksi ASI sesuai kebutuhan bayi. Memerah di sela-sela jadwal menyusui saat malam dan dini juga dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi. Pada awalnya memang tidak langsung banyak. Bila dilakukan secara rutin dan disiplin payudara akan dirangsang untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Mengkonsumsi makanan bergizi sangat disarankan untuk menjaga kesehatan ibu, sehingga ibu bisa merawat dan menyusui bayi. Bila diikuti dengan memerah dan menyusui sesering mungkin Insya Allah produksi ASI akan semakin bertambah.

Semoga membantu.

Salam ASI

Rachmadhani
Konselor Menyusui
Ketua AIMI Jawa Tengah

Editor : Asep Candra