Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2014, 11:51 WIB


TANYA :

Dok, saya mengalami masalah dengan gigi. Awalnya, gigi saya tumbang di bagian depan atas. Kemudian, karena panik saya ke tukang gigi dan memasang gigi tiruan. Namun karena merasa tidak nyaman dengan gigi palsu tadi saya berniat untuk ke dokter gigi agar mendapat perawatan. Akan tetapi dokter gigi menyarankan untuk kembali mencabut gigi ke tukang gigi. Pertanyaan saya : 1. Apakah tidak ada alternatif lain untuk merawat gigi saya ? 2. Jika bisa melakukan perawatan sendiri, apa yang harus saya lakukan ? Terimakasih. 

(Adam Alan, 21, Ambon)

 

JAWAB:

Halo Adam di Ambon,

Wah, sayang sekali di saat darurat anda justru mendatangi tukang gigi. Tetapi yang sudah terjadi, biarlah berlalu dan dijadikan pelajaran yang berharga saja.

Saat ini, sebaiknya anda mendatangi dokter gigi umum untuk dilakukan pencabutan patahan sisa gigi tersebut. Jika ditolak oleh dokter gigi umum tersebut, anda dapat mencari dokter gigi umum lain atau dokter gigi spesialis bedah mulut (Drg.,SpBM).

Setelah dilakukan pencabutan patahan sisa gigi, dapat dibuatkan gigi tiruan baru pada bagian depan atas tersebut. Pilihan gigi tiruan di bagian depan atas ini pun bermacam-macam, mulai dari gigi tiruan lepasan sampai gigi tiruan cekat dengan berbagai macam pilihan bahan.

Konsultasikan pembuatan gigi tiruan ini kepada dokter gigi spesialis prostodonsia (Drg.,SpPros) yang memang mendalami ilmu untuk membuat gigi tiruan.

Gigi tiruan lama anda yang sudah terlanjur dibuat namun tidak nyaman dipakai, sebaiknya dihentikan dulu pemakaiannya. Karena dapat menyebabkan gusi anda iritasi atau bengkak, serta dapat menyebabkan gigi-gigi sebelahnya mengalami kegoyangan.

Tidak ada yang dapat anda lakukan sendiri untuk mengatasi permasalahan ini. Jadi anda perlu bantuan dokter gigi untuk memperbaiki keadaan gigi anda saat ini.

Demikian Adam, semoga informasinya bermanfaat. Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com