Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2014, 09:26 WIB


TANYA :

Prof, mulai usia berapakah potensi seksual pria menikah sudah mulai menurun? Apa saja  penyebabnya? Apakah faktor psikologis juga ikut mempengaruhinya? Jika iya, mengapa bisa demikian? Mohon penjelasannya. Terimakasih.  

(Andung, 44, Jakarta)

 

JAWAB :

Harus jelas dulu apa yang Anda maksud dengan "potensi seksual", karena boleh jadi pengertian kita berbeda. Sebenarnya istilah "potensi seksual" tidak jelas dalam bidang kedokteran.

Karena itu, tidak pernah atau sangat jarang digunakan. Apakah yang dimaksud dorongan seksual (gairah seksual)? Ataukan kualitas ereksi penis?

Lalu bagaimana dengan perempuan kalau istilah ini digunakan? Saya duga saja, mungkin yang Anda maksud ialah kualitas ereksi penis.

Kualitas ereksi penis dipengaruhi oleh faktor fisik misalanya gangguan atau penyakit tertentu seperti diabetes dan efek samping obat tertentu.

Ada juga faktor psikis misalnya kejenuhan terhadap pasangan. Jadi tergantung faktor penyebab itu, sehingga pada usia berapapun dapat terjadi gangguan ereksi. Tetapi pada umumnya pada usia pertengahan, kualitas ereksi menurun, antara lain karena munculnya penyebab seperti di atas.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com