Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengejutkan, Ada 360 Batu Empedu di Tubuh Wanita Ini!

Kompas.com - 10/08/2015, 15:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com
 — Sebanyak 360 batu empedu ditemukan dalam tubuh wanita asal Kalkutta, Bengal Barat, India, bernama Mousumi Dam (49). Para dokter pun terkejut melihat batu yang sangat banyak itu. Batu tersebut berukuran 5 milimeter, yang terbentuk dari kandung empedu.

Dokter Makhan Lal Saha (59), seorang ahli bedah di Institute of Post Graduation Medical Education and Research Institute, mengaku belum pernah mendapati pasien yang memiliki banyak batu empedu selama ia bekerja 37 tahun sebagai dokter.

"Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah medis di Bengal Barat ada orang yang menjalani operasi untuk menghilangkan 360 batu," kata Saha.

Mulanya, pasien bernama Mousumi mengeluh sakit perut dan mengalami refluks asam selama berbulan-bulan. Mousumi juga menderita penyakit kuning. Ia pun memeriksakan diri ke dokter. Melalui hasil pemeriksaan kesehatan dan USG, dokter akhirnya menemukan kumpulan batu empedu tersebut.

Batu tersebut seperti batu marmer berukuran kecil. Mousumi pun mendapat tindakan operasi untuk mengambil semua batu empedu tersebut. Dokter mengambil batu empedu tersebut satu per satu.

"Bahkan, tangan saya sempat mati rasa saat akan mengambil batu terakhir. Anehnya, semua batu memiliki ukuran dan bentuk yang sama," kata dokter Saha.

Menurut dokter Saha, sangat sulit menentukan penyebab utama pembentukan batu empedu yang sangat banyak tersebut. Namun, ia menduga hal ini disebabkan oleh tingginya kolesterol dalam empedu. Pembentukan batu juga bisa terjadi jika pasien memiliki kebiasaan kurang minum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com