Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Kesehatan Saluran Cerna Agar Anak Bergerak Aktif

Kompas.com - 20/09/2015, 19:09 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesehatan saluran cerna anak sangat penting diperhatikan, agar anak bisa selalu bergerak aktif di masa pertumbuhannya. Diperlukan asupan makanan yang bergizi seimbang untuk menyehatkan saluran cerna.

Ahli Nutrisi dokter Saptawati Bardosono mengatakan, salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna anak adalah dengan memberikan makanan kaya prebiotik seperti buah pisang. Prebiotik diperlukan agar bakteri baik, yaitu probiotik tetap hidup.

"Probiotik menjaga kesehatan saluran cerna, penyerapannya bagus, anak enggak sakit-sakitan, anak enggak uring-uringan," kata dokter yang akrab disapa Tati ini sesusai acara BebeExplora di Gandaria City, Jakarta, Sabtu (19/9/2015).

Dengan begitu anak akan aktif secara fisik, sehingga mendukung tumbuh kembangnya. Nutrisi yang baik juga diperlukan anak untuk perkembangan otaknya. Menurut Tati, asupan anak-anak harus lengkap dan seimbang yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, hingga vitamin dan mineral.

"Selain itu ada zat besi agar dia bisa aktif otaknya dalam pemahaman berpikir. Jadi kalau makan, piring anak baiknya berwarna-warni. Ada nasi, sayur, lauk pauknya, buah-buahan," terang Tati.

Lakukan pengenalan pada sayur dan buah sejak usia 6 bulan, ketika anak mulai mendapat makanan pendamping ASI. Berikan makanan secara teratur 3 kali makan besar dan 2-3 kali makan selingan dalam sehari. "Makanan selingannya bisa susu, puding, sup, sayur-sayuran dan buah," kata Tati.

Jika asupan gizi seimbang, anak tak mudah sakit, berat badan dan tingginya terus bertambah, hingga meningkatkan kemampuan kognitif seiring tumbuh kembangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com