Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2015, 09:50 WIB
Kisah dalam tulisan adalah tentang Wesley, orang dengan HIV/AIDS dari Papua yang didokumentasikan dalam proyek Saya Positif oleh Andri Tambunan.


Saya tidak tahu kalau saya tertular HIV.  Hanya saja, setiap hari berat badan saya turun terus-menerus, mulai dari bobot tubuh 75 kg dan menjadi 30 kg. Tidak ada yang tahu kondisi saya kecuali mama saya yang memang mengurus saya. Namun, saya tidak bisa meninggalkan rumah. 

Jika tidak begitu, kemungkinan orang-orang akan mengetahui kondisi saya dan saya bisa dibakar hidup-hidup.  Jadi, bisa dibilang saya seperti tawanan di rumah sendiri.  Di rumah pun saya diisolasi.  Saya makan sendiri dengan piring yang dipisahkan dan makan di ruangan terpisah.  Rasanya seperti penyiksaan.

Saya sempat melakukan "adat" atau melakukan persembahan sampai mengorbankan 10 babi, tapi tetap saja kesehatan saya tidak membaik.  Tubuh saya tinggal kulit dan tulang.  Setelah menderita selama 3 tahun, saya pun akhirnya pergi ke rumah sakit dan saya didiagnosis positif HIV.  Saya pikir saya akan meninggal karena saya percaya tidak ada pengobatan yang yang benar-benar tersedia.

Saya menjadi optimis ketika dokter mengatakan ada ARV (obat Antiretroviral) untuk mengobati HIV.  Saya mengikuti nasihatnya dan mulai mengkonsumsi ARV secara teratur. 

Berat badan saya berangsur-angsur kembali, mulai dari 30kg, ke 60kg, dan kembali ke berat badan normal 75kg.  Saya sudah mengkonsumsi ARV selama lebih dari 10 tahun dan agar bisa terus-menerus bertahan hidup, saya harus mengkonsumsi obat tersebut sepanjang hidup saya.  Kemana pun saya pergi, saya selalu membawa ARV di dalam saku atau tas.

ARV sebetulnya gratis sehingga Anda tidak perlu membelinya.  Tersedia gratis di rumah sakit terdekat.  Sayang sekali masih saja ada banyak teman-teman yang tidak mau datang (ke rumah sakit) untuk memperolehnya.  Saya selalu menyemangati teman-teman untuk datang ke rumah sakit untuk memperoleh ARV agar mereka bisa kembali hidup sehat layaknya orang sehat seperti saya.

Saya mampu melanjutkan aktivitas sehari-hari sama seperti teman-teman saya yang lainnya.  Saya bangun pukul 6 pagi dan prioritas pertama saya adalah mengurus babi-babi peliharaan saya. 

Kemudian saya pergi ke klinik VCT (konseling dan tes sukarela) untuk mendampingi rekan-rekan saya yang datang untuk mengikuti tes HIV atau sekadar untuk pemeriksaan rutin. 

Di siang hari, saya melakukan kunjungan ke rumah-rumah untuk mengecek kondisi teman-teman saya dan memastikan mereka baik-baik saja.  Saya juga membentuk Noken, sebuah kelompok dukungan sebaya yang menyediakan jasa konseling dan dorongan pada setiap individu yang hidup dengan HIV di dalam komunitas saya.

Kesehatan saya sudah sepenuhnya pulih.  Saya masih memiliki umur panjang dan suatu hari nanti saya akan menikah dan memiliki anak.


Saya Positif memuat tujuh profil individu-individu dengan HIV positif.  Namun, bertentangan stereotipe negatif, ketujuh profil ini justru menampilkan sisi yang sebaliknya; mereka kuat, sehat, produktif, tangguh, dan penuh akan harapan.

Mereka adalah sosok para orangtua yang penuh pengabdian, seorang anak laki-laki dan anak perempuan yang penuh kasih, anggota masyarakat yang memiliki peran serta kontribusi untuk keluarga dan komunitas.  

Kesaksian dan testimoni mereka tidak hanya menjadi sumber inspirasi tapi juga bukti nyata akan pentingnya melawan kesalahpahaman yang selama ini berada di tengah masyarakat yang membantu melawan stigma dan diskriminasi di Tanah Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com