Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2016, 18:51 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Riwayat penyakit sejak anak-anak penting untuk dicatat oleh orangtua. Rekam medis akan sangat berguna dalam membantu dokter mendiagnosis penyakit dan memberikan pengobatan yang tepat.

"Riwayat penyakit anak, riwayat alergi, imunisasi, riwayat penyakit bawaan, itu harus dicatat oleh orangtua," ujar dokter Melyarna Putri dalam acara peluncuran aplikasi "Berbagi Sehat" Lifebuoy di Jakarta, Kamis (28/1/2016)

Dokter Mel mencontohkan, jika anak memiliki riwayat alergi obat-obatan tertentu, tentu akan menjadi informasi bagi dokter dalam melakukan penanganan ketika anak sakit kembali.

Rekam medis anak tentu juga membantu orangtua lebih peka ketika anak sakit. Misalnya, jika anak pernah cacar, maka masih mungkin terkena cacar untuk kedua kalinya. Mel mengatakan, cacar yang kedua kali biasanya disertai nyeri dan bisa terjadi lebih parah.

"Catatan riwayat penyakit anak juga bisa mencegah sakit anak lebih buruk, karena penanganan yang dilakukan bisa lebih tepat," lanjut Mel, yang merupakan tim redaksi medis klikdokter.com itu.

Mel manambahkan, di era digital ini, orangtua bisa mencatat rekam medis anak di ponsel. Salah satunya dengan menggunakan di aplikasi "Berbagi Sehat".

"Ada diary sakit anak untuk mencatat riwayat sakitnya dan orangtua bisa mendapat informasi penyakit dari artikel klikdokter.com, datanya dari jurnal medis terpecaya," jelas Mel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com