Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2016, 12:03 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Bintang Britain's Got Talent, Susan Boyle mengalami gejolak emosi di bandara Heathrow London hari Minggu (25/4)lalu. Gejolak itu ternyata merupakan salah satu gejala sindrom Asperger's yang dideritanya.

Penyanyi berusia 55 tahun itu diantar keluar dari lounge British Airways setelah terlibat perseteruan dengan seorang anggota staf sebelum ia naik pesawat ke Skotlandia. Polisi dipanggil masuk ke lounge terminal 5 setelah ada laporan wanita dalam kesusahan. Tetapi Susan diijinkan naik pesawat untuk pulang ke rumahnya di Blackburn, West Lothian.

Juru bicara untuk bintang Britain's Got Talent ini mengungkapkan Susan bertingkah seperti itu karena sindrom Asperger's yang dideritanya, sejenis autisme yang didiagnosa pada 2013.

"Insiden di Heathrow terjadi karena sindrom yang terdokumentasi dengan baik. Ini adalah penyakit seumur hidup. Salah satu gejalanya adalah gejolak emosi," terang juru bicara.

"Susan menikmati karir musiknya. Musik sangat penting bagi dirinya dan memberi kebahagiaan pada hidupnya. Ia berusaha menyeimbangkannya dengan gejala yang dialami karena penyakit itu," tambahnya.

Sebelumnya, penyanyi itu pernah merasa lega didiagnosa terkena Asperger's karena itu membantunya mengerti mengapa dia seumur hidupnya mengalami "kecemasan akut" dan "gejolak emosi".

"Ini adalah masalah yang sangat sulit dibicarakan, karena Anda selalu merasa diperhatikan orang dan orang memandang Anda berbeda. Saya senang melihat diri sendiri sebagai seseorang yang punya masalah tetapi dapat menyelesaikannya. Ini akan menjadi lebih baik," kata Susan ketika itu.

Di awal bulan ini Susan terlihat mencari petolongan di Derry Airport. Ia saat ini sedang merekam album baru.

Seorang sumber mengatakan,"Dia sedang merencanakan banyak hal hebat tahun ini dan akan mulai merekam album ketujuh bulan depan. Dia ada di posisi hebat dikelilingi orang yang mencintai dan peduli."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com