Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2016, 22:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber SHAPE

KOMPAS.com - Sama halnya dengan menurunkan, menaikkan berat badan juga perlu dilakukan dengan cara yang sehat. Simak cara sehat menambah bobot dari Cynthia Sass, MPH, MA, RD, CSSD., berikut ini.

Cynthia Sass adalah ahli gizi kenamaan di Amerika yang juga penulis buku-buku kesehatan best seller, salah satunya adalah Slim Down Now: Shed Pounds and Inches With Pulses - The New Superfood.


1. Jangan Biarkan Perut Kosong Lebih dari Empat Jam
Tubuh Anda membutuhkan kelangsungan penyediaan energi seperti mesin yang selalu dihidupkan (jantung Anda selalu berdenyut, darah terus beredar, otak dan otot-otot bekerja). Bila perut kosong terlalu lama, tubuh Anda akan kehilangan bahan bakar yang dibutuhkan untuk terus berjalan. Hasilnya adalah Anda kehilangan tabungan energi, termasuk massa otot Anda.

Cara terbaik untuk mencegah tubuh kehilangan jaringan penting, adalah makan dengan jarak sekitar tiga sampai lima jam antar sesi. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan jaringan otot baru, penentuan waktu makan sangatlah penting.


2. Makan Beberapa Jenis Makanan Sekali Makan
Konsumsi setidaknya tiga kelompok makanan pada satu sesi makan. Bukan hanya pisang atau segenggam kacang, tambahkan juga beberapa iris roti gandum dengan selai almond dan pisang, bersama dengan segelas susu organik tanpa lemak atau pengganti susu (kedelai, rami, dan lain sebagainya).

Variasi makanan yang lebih beragam, akan memberikan tubuh Anda lebih banyak nutrisi untuk bekerja sepanjang hari.


3. Makan Sehat, tapi Padat
Cara terbaik untuk mendapat nutrisi ekstra tanpa harus makan dalam jumlah besar adalah memilih makanan yang benar-benar sarat nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein atau lemak.

Buah kering adalah contoh yang bagus. Kadar airnya telah berkurang sekitar 75 persen, sehingga secangkir anggur berubah menjadi seperempat cangkir kismis. Pastikan untuk mencari buah-buahan kering tanpa gula tambahan atau pengawet.


4. Minum Makanan Anda
Makanan cair tidak semengenyangkan makanan padat, sehingga ketika Anda mencoba untuk menambah berat badan, makanan cair dapat menambahkan nutrisi tanpa membuat Anda merasa kembung.

Pilihan yang baik termasuk jus buah murni, susu skim organik atau alternatif susu (seperti kedelai organik, atau rami), dan smoothie.

Smoothie adalah pilihan ideal (lebih dari milkshake) karena Anda dapat menambahkan segala macam hal yang baik, seperti gandum, kacang mentega, jus wortel, dan bubuk protein.


5. Makan Tepat Sebelum Tidur
Saat kita tidur, sel-sel termasuk sel otot beregenerasi. Jadi, mengonsumsi snack sehat sebelum tidur dapat menjamin pasokan nutrisi tetap tersedia untuk membantu proses regenerasi tersebut.

Pilihan yang baik yang tidak akan membuat Anda merasa terlalu kenyang adalah mangkuk kecil pasta salad yang dibuat dari 100 persen gandum, vinaigrette yang dibuat dari minyak zaitun extra-virgin, salad sayuran, dan protein seperti kacang, dada ayam cincang atau keju organik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com