Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2016, 19:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Mencintai diri sendiri adalah hal penting untuk hidup yang lebih baik. Ini memengaruhi Anda dalam memilih pasangan, cara membawa diri di tempat kerja, dan bagaimana Anda mengatasi masalah dalam hidup Anda dan lain sebagainya.

Apakah mencintai diri sendiri adalah seperti membeli baju baru? Atau bisa didapat dengan membaca sesuatu yang inspiratif? Atau, dengan menjalin hubungan baru?

Jawaban atas semua pertanyaan ini adalah tidak! Meskipun hal-hal di atas bisa membuat Anda merasa lebih baik dan puas, Anda tidak bisa menumbuhkan rasa cinta diri melalui kegiatan-kegiatan itu, karena mencintai diri sendiri bukan hanya tentang merasa lebih baik.

Menurut psikolog dari AS, Deborah Khoshaba Psy.D., cinta-diri adalah penghargaan kepada diri sendiri yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis dan spiritual. Cinta-diri bersifat dinamis dan tumbuh dari tindakan dan pemikiran yang matang.

Ketika kita bertindak dengan cara yang memerluas cinta diri di dalam kita, kita akan mulai menerima kelemahan sama seperti menerima kelebihan.

Kita juga akan memiliki belas kasihan bagi diri kita sendiri, sebagai manusia berjuang untuk menemukan makna pribadi, lebih fokus pada tujuan dan nilai-nilai hidup dan berusaha hidup lebih baik melalui usaha kita sendiri.

Tujuh Cara Mencintai Diri Sendiri

1. Sadar diri.

Orang yang mencintai dirinya cenderung lebih memahami apa yang mereka pikir, rasa dan ingin. Mereka tahu seperti apa dirinya dan bertindak bermodalkan pengetahuan itu, bukan bertindak atas kemauan orang lain.

2. Bertindak berdasarkan kebutuhan bukan keinginan.

Dengan tetap fokus pada apa yang Anda butuhkan, Anda akan mengurangi atau meninggalkan pola perilaku otomatis yang membuat Anda terjebak masalah, terjebak di masa lalu, dan mengurangi rasa cinta-diri sendiri.

3. Merawat diri dengan baik.

Anda akan lebih menyukai diri sendiri, ketika Anda merawat dan memenuhi setidaknya kebutuhan dasar diri Anda sendiri.

Orang yang mencintai dirinya sendiri akan makan makanan bergizi, berolahraga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan tidur cukup, memelihara keintiman dan nteraksi sosial yang sehat.

4. Menetapkan batas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com