Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ada Sensasi Terayun Setelah Turun dari Kapal?

Kompas.com - 01/12/2016, 11:39 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar orang yang baru melakukan perjalanan dengan kapal laut pasti merasakan sensasi terayun-ayun seperti di kapal, meski sudah berada di darat.

Sensasi tersebut biasanya akan hilang dalam beberapa jam atau hari. Tapi, untuk sebagian orang perasaan terayun-ayun seperti di kapal itu bisa bertahan dalam hitungan minggu, bahkan ada yang sampai berbulan-bulan.

Orang yang merasakan sensasi terayun di kapal itu disebut juga mengalami sindrom mal de debarquement.

Belum jelas mengapa sindrom itu terjadi. Salah satu hipotesis menjelaskan, saat berada di kapal laut dalam waktu cukup lama akan terjadi perubahan pada metabolisme otak dan aktvitas otak sehingga mereka bisa beradaptasi dengan gerakan yang tidak biasa, seperti berada di atas kapal laut.

Namun, saat tubuh sudah bisa beradaptasi dengan gerakan itu, akan sulit menghentikannya ketika gerakan itu berhenti. Paling tidak butuh waktu lagi bagi metabolisme otak untuk kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com