Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2016, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai acuan tren, hampir semua gaya hidup selebriti kita ikuti, muali dari gaya berbusana, potongan rambut, krim antikeriput, dan tentunya rahasia tubuh indahnya.

Walau kita sadar bahwa selebriti bukanlah pakar kesehatan, tetapi tetap saja apa yang mereka asup atau olahraga yang dilakukan untuk memiliki tubuh sehat dan kencang juga ikut dicontek dan diterapkan.

Faktanya, tak sedikit saran kebugaran dan pola makan yang mereka bagikan itu tak memiliki dasar ilmiah yang kuat, bahkan cenderung keliru.

Dalam hal nutrisi, berikut adalah beberapa tren pola makan yang diadopsi para selebriti Hollywood yang diklaim menjadi rahasia penampilan mereka.

- Susu emas
Gwyneth Paltrow dikabarkan sangat menyukai susu emas alias latte kunyit. Minuman tersebut merupakan kombinasi dari kunyit dengan minyak kelapa, madu, kayu manis, lada hitam, jahe, serta susu almond.

Kunyit sendiri memang memiliki kandungan antiperadangan dan bahan aktif di dalamnya, yakni kurkuma merupakan antioksidan yang kuat.

- Menghindari tanaman nightshades
Juru masak pribadi Tom Brady dan Gisele Bundchen mengungkapkan kepada media bahwa klien nya menghindari makanan yang berasal dari jenis tanaman nightshades. Misalnya saja tomat, kentang, terung, dan lada, termasuk juga tembakau.

Tanaman nightshades diketahui mengandung zat alkaloid. Beberapa referensi menyebut zat itu menyebabkan peradangan dalam tubuh, sehingga teorinya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa memicu gangguan penyakit, seperti nyeri sendiri, gangguan pencernaan, dan penyakit kronik lainnya.

Namun, pada dasarnya tidak ada bukti ilmiah tanaman itu memicu peradangan karena kandungan alkaloidnya sangat sedikit dan proses pemasakan membuat kadarnya berkurang.

- Cuka apel vinegar
Rutin mengonsumsi cuka apel vinegar disebut-sebut dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan gula darah. Mengonsumsi dua sendok makan cuka apel vinegar sebelum tidur juga diketahui bermanfaat menurunkan gula darah pada pasien diabetes melitus.

Meski demikian, sebaiknya jangan langsung minum cuka apel tanpa dilarutkan dalam air karena berdampak buruk pada enamel gigi.

- Diet alkalin
Selebriti seperti Victoria Beckham, Beyonce, dan Elle Macpherson beberapa kali memuji diet alkalin yang menjadi rahasia mereka menjaga berat badan.

Dasar teori dari alkalin diet adalah tubuh menjadi sasaran empuk penyakit jika bersifat asam. Oleh karena itu, kita membutuhkan makanan alkalin (bersifat basa) yang dapat mempertahankan keseimbangan pH dalam darah.

Pada dasarnya, diet yang berbasis semua jenis makanan yang menolak tambahan gula sehingga sangat baik untuk berat badan dan keseharan Anda. Namun, tetap konsumsi berbagai jenis bahan pangan untuk menjaga kecukupan nutrisi.

- Kaldu dari tulang
Kaldu dari tulang dan sumsum alias bone broth sedang menjadi tren di AS. Kandungan kolagen yang tinggi dipercaya akan menjaga elastisitas kulit dan memperlambat penuaan. Selebriti yang mengungkapkan kesukaannya pada kaldu ini antara lain Paltrow, Salma Hayek, dan pebasket Kobe Bryant.

Para pakar gizi mengatakan, masyarakat terlalu melebih-lebihkan manfaat kaldu tulang. Memang sup kaldu ini mengandung vitamin, mineral, dan asam amino, namun kita juga bisa mendapatkannya dari sumber makanan lainnya, seperti kacang-kacangan, telur, dan ayam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com