Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Perlu Diperhatikan dalam Bercinta Saat Hamil

Kompas.com - 25/12/2016, 21:35 WIB

Tim Redaksi

Sumber Menshealth

KOMPAS.com - Secara umum, berhubungan seks selama kehamilan diperbolehkan oleh dunia medis. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi kenyamanan ibu hamil dan pasangannya.

Barb DePree, ahli kandungan dari Lakeshore Health Partners di Zeeland, Michigan mengatakah bahwa berhubungan seks selama kehamilan itu aman. Berbagai ketakutan seperti penis akan mencederai bayi dalam kandungan itu tidak terbukti secara ilmiah.

“Ada juga pendapat kalau bayi dalam kandungan bisa terpengaruh emosinya. Sekali lagi, hal ini tidak terbukti secara ilmiah,” ujar DePree.

Jadi, seks selama kehamilan sah saja dilakukan. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi kenyamanan bersama, antara lain :

 

Pakai kondom

Sperma mengandung prostaglandin yang mampu memicu kontraksi.

Pemakaian kondom dianjurkan jika ibu memiliki masalah pada kehamilan di trimester pertama. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai hal ini.

Pada ibu hamil yang sudah memasuki minggu akhir, prostaglandin bisa memicu persalinan. Bahkan hubungan seks kerap disarankan untuk memperlancar persalinan.

 

Wanita merasa tidak percaya diri akan tubuhnya

Berat badan naik dan perubahan bentuk tubuh merupakan hal lumrah yang dialami oleh ibu hamil. Sedikit banyak, kondisi ini memengaruhi pikiran dan bisa berdampak pada keharmonisan hubungan. Tak jarang ibu hamil merasa minder akan bentuk tubuhnya.

“Adalah tugas para pria untuk menjaga emosi dan psikologis pasangannya yang sedang hamil. Hargai mereka dan sesi bercinta bisa jadi lebih berkualitas,” kata Shareen Hariri, konsultan seks dan pernikahan dari Los Angeles.

Pujian seperti ‘kehamilan membuatmu terlihat lebih bersinar’ atau ‘kehamilan membuat bentuk bokong atau payudaramu lebih seksi’ akan membantu kondisi psikologis ibu hamil.

 

Biarkan wanita yang memimpin

Umumnya, bentuk tubuh ibu hamil akan berubah dan terutama bagian perut akan membesar. Terutama pada masa trimester kedua hingga akhir masa kehamilan.

Kondisi ini membuat aktifitas bercinta jadi terbatas. Karenanya, biarkan wanita yang menentukan posisi apa yang membuatnya nyaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com