Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2021, 10:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Cavitis atau gigi berlubang mungkin terdengar sebagai hal yang tidak berbahaya. Namun, membiarkannya berlarut-larut tentu memicu rasa tak nyaman.

Gigi berlubang bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Lubang pada gigi biasanya muncul dalam ukuran kecil terlebih dahulu.

Jika tidak segera diatasi, lubang tersebut bisa semakin membesar dan memicu kerusakan pada gigi disertai rasa sakit yang luar biasa.

Baca juga: Ankylosing Spondylitis

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Melansir Mayo Clinic, menjaga kebersihan mulut dan gigi yang baik dapat membantu Anda menghindari gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mencegah gigi berlubang:

1. Sikat dengan pasta gigi berfluoride setelah makan atau minum

Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari, idealnya setelah setiap makan, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Untuk membersihkan sela-sela gigi Anda, gunakan benang gigi atau gunakan pembersih interdental.

Setelah menggosok gigi, Anda juga bisa berkumur dengan obat kumur mengandung fluoride.

2. Kunjungi dokter gigi secara teratur

Kunjungi dokter gigi Anda secara teratur untuk mendapatkan pembersihan gigi secara profesional dan pemeriksaan mulut secara teratur.

Hal ini dapat membantu mencegah segala jenis kerusakan pada gigi. Dengan pemeriksaan rutin, Anda akan tahu di kondisi kesehatan gigi Anda, perawatan apa yang mungkin diperlukan, serta apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi.

Setelah Anda mengetahui tingkat risiko Anda, maka Anda mengambil pendekatan yang lebih spesifik dan efektif untuk meningkatkan kesehatan mulut Anda.

3. Kurangi konsumsi makanan manis dan asam

Paparan manis dan asam yang terlalu sering pada gigi juga bisa memicu pembentukan lubang pada gigi. Jadi, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan manis dan asam.

Jika Anda sedang mengkonsumsi makanan manis dan asam, segera minum air putih untuk menghilangkan efeknya. Anda juga bisa menggunakan sedotan saat minum manis atau asam.

Baca juga: Mata Kering

4. Berhenti merokok

Merokok memang sudah lama diketahui bisa memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk gigi.

Merokok dan penggunaan tembakau oral bisa membahayakan mulut, gusi dan gigi.

Merokok bukan hanya meningkatkan plak gigi tetapi juga dapat menyebabkan penyakit gusi, gigi keropos, hingga kanker mulut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com