Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2022, 06:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bekerja ketika hari sangat panas membuat suhu badan naik sehingga perlu cara-cara tertentu agar bisa mendinginkan suhu badan. Cara terbaik yang bisa dilakukan ketika hal ini terjadi adalah dengan mandi air dingin

Ternyata air dingin tidak hanya mendinginkan suhu badan, namun juga memiliki beberapa manfaat yang membuat badan terasa lebih segar dan sehat.

Sebaliknya, ada beberapa kondisi tertentu yang membuat mandi air dingin tidak disarankan karena akan berbahaya bagi tubuh.

Manfaat mandi air dingin

Ternyata mandi air dingin sudah digunakan sebagai salah satu metode terapi air yang digunakan sejak jaman dulu.

Meskipun dulu masih belum banyak riset mengenai manfaat dari mandi air dingin, namun banyak yang sudah percaya bahwa mandi air dingin memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Sekarang semakin banyak riset yang meneliti tentang manfaat air dingin dan ditemukan bahwa manfaatnya cukup banyak.

Baca juga: 6 Manfaat Mandi dengan Air Dingin yang Jarang Diketahui

1. Meningkatkan metabolisme 

Mandi dengan air dingin terbukti bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa penelitian klinis yang dilakukan oleh para ahli dari India.

Dari penelitian ini ditemukan bahwa mandi menggunakan air dingin selama 5 hingga 6 hari seminggu bisa meningkatkan imunitas, bahkan dari tumor dan memperpanjang angka hidup penderita kanker nonlimfoid.

Tidak hanya itu saja, meningkatnya metabolisme dalam tubuh juga berperan dalam melawan obesitas jika dibarengi dengan perubahan gaya hidup.

Melansir Healthline, kaitan antara mandi air dingin dengan penurunan berat badan memang belum bisa dibuktikan secara medis. Namun, mandi dengan air dingin bisa menyeimbangkan hormon dan sistem pencernaan sehingga bisa berkontribusi dalam mengurangi berat badan.

Baca juga: 4 Manfaat yang Bisa Didapatkan Jika Mandi Pagi dengan Air Dingin

2. Meningkatkan endorfin

Selain menggunakan pengobatan secara medis, ternyata mandi air dingin juga dipercaya sebagai salah satu cara terbaik untuk meringankan gejala depresi.

Meskipun bukan termasuk cara yang 100 persen bisa menghilangkan gejala depresi, namun berhasil mengurangi gejala yang timbul.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nikolai A. Shevchuk, profesor dari Fakultas Kedokteran Universitas Commonwealth, menunjukkan bahwa mandi air dingin berguna untuk mengaktifkan sistem saraf simpatik, meningkatkan kadar noradrenalin dan beta-endorfin, serta meningkatkan pelepasan noardrenalin sinaptik di dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi gejala depresi.

Baca juga: Tak Hanya Membuat Badan Wangi dan Bersih, Mandi Punya Manfaat Berikut

3. Melancarkan sirkulasi darah

Mandi dengan air yang memiliki temperatur lebih rendah dari temperatur tubuh berfungsi untuk meningkatkan kinerja tubuh karena tubuh perlu energi lebih untuk menyeimbangkan suhunya. Dengan begitu, sirkulasi darah di dalam tubuh berkerja semakin efisien.

Proses penyembuhan dari luka juga akan semakin cepat karena air dingin bisa mengurangi peradangan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com