Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan yang Dihindari saat Batuk Menyerang

Kompas.com - 19/12/2022, 09:06 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Mengonsumsi makanan yang kurang tepat terkadang bisa membuat batuk tak kunjung sembuh dan semakin parah.

Untuk itu, ketika masalah kesehatan ini menyerang, Anda sebaiknya mencermati beberapa jenis makanan yang dihindari saat batuk.

Sejumlah makanan yang dilarang saat batuk ini tak jarang masuk ke dalam menu sehari-hari. Kenali beberapa di antaranya.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk

Makanan yang dihindari saat batuk

Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat batuk menyerang:

  • Asupan berkafein

Dilansir dari WebMD, asupan berkafein seperti kopi, teh, cokelat, atau minuman berenergi bisa membuat tenggorokan kering dan bisa menyebabkan batuk. Untuk itu, hindari dulu mengonsumsi asupan berkafein.

Ketimbang mengonsumsi asupan berkafein, saat batuk coba minum banyak cairan seperti air putih hangat, wedang jahe, wedang lemon dan madu hangat yang dapat melegakan tenggorokan dan batuk.

  • Susu dan produk turunannya

Dilansir dari PristyneCare, susu, keju, mentega, dan produk turunan susu lainnya sebaiknya juga dihindari saat batuk, terutama batuk berdahak.

Makanan ini disebut-sebut dapat meningkatkan produksi lendir. Meskipun masih bersifat anekdoktal, tak ada salahnya untuk sementara Anda tidak mengonsumsi susu dan produk turunannya saat batuk berdahak.

Baca juga: 8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh

  • Gorengan

Gorengan termasuk makanan yang tidak boleh dimakan saat batuk. Makanan yang digoreng dapat membuat tubuh memproduksi lendir lebih banyak dan memicu batuk semakin parah.

Selama batuk dan demi menjaga kesehatan, hindari segala jenis gorengan dan ganti makanan yang digoreng dengan makanan yang ditumis, dikukus, atau direbus.

  • Asupan berpemanis

Segala jenis makanan dan minuman berpemanis atau diberi tambahan gula sebaiknya dihindari saat batuk.

Makanan yang dilarang saat batuk ini bisa menyebabkan peradangan, sehingga dapat memperburuk gejala batuk dan pilek.

Baca juga: 11 Obat Batuk Kering Alami yang Ampuh ala Rumahan

  • Makanan tinggi histamin

Beberapa makanan seperti alpukat, jamur, stroberi, yogurt, cuka, dan makanan yang difermentasi biasanya banyak mengandung histamin.

Histamin adalah zat kimia yang bekerja dengan cara memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak lendir. Jadi, saat Anda terserang batuk berdahak dan pilek, untuk sementara hindari dulu makanan tinggi histamin.

Selain tidak mengonsumsi makanan yang dihindari saat batuk di atas, ada baiknya Anda juga banyak minum, mengonsumsi banyak sayur dan buah, serta banyak istirahat agar cepat pulih.

Jika masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter agar batuk bisa diatasi sesuai akar penyebabnya.

Baca juga: 10 Obat Batuk Berdahak Alami ala Rumahan


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com