Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Kondom untuk Seks Oral, Tak Hanya untuk Para Pria

Kompas.com - 23/12/2022, 21:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Seks oral adalah salah satu aktivitas seksual yang kerap digunakan sebagai kegiatan “pemanasan” atau foreplay sebelum melakukan hubungan seks.

Seks oral sering dilakukan sebagai bentuk rangsangan yang diberikan kepada pasangan atau dilakukan sebagai kegiatan seks yang utama karena minim risiko, khususnya kehamilan.

Baca juga: Mengenal 4 Manfaat dan Cara Aman Melakukan Seks Oral

Meskipun begitu, seks oral tidak sepenuhnya aman karena bisa jadi pintu penularan beberapa penyakit menular seksual (PMS).

Risiko ini bisa diminimalisir dengan tetap menggunakan kondom ketika melakukan seks oral. Ketahui beberapa jenis kondom untuk seks oral berikut ini, yang tidak hanya bisa dipakai para lelaki tetapi juga para wanita.

Jenis kondom untuk seks oral

Kemungkinan untuk terjadi penularan PMS ketika melakukan seks oral tanpa "pengaman" sangat besar.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), PMS akan ditularkan dengan seks oral melalui alat kelamin, tenggorokan, mulut, atau rektum pasangan yang terinfeksi.

Meskipun beberapa jenis PMS, seperti HIV, memiliki risiko yang kecil untuk bisa ditularkan melalui seks oral, penggunaan kondom tetap disarankan.

Menurut Cleveland Clinic, ada beberapa jenis kondom untuk seks oral yang bisa digunakan oleh pria dan wanita, seperti:

  • Kondom biasa

Kondom biasa adalah kondom yang sangat mudah ditemukan di pasaran dan sering digunakan untuk melakukan hubungan seksual.

Jenis kondom ini tidak hanya berfungsi untuk menahan sperma saja, tetapi juga akan berguna untuk seks oral. Beberapa merek juga menyediakan jenis kondom dengan berbagai rasa dan aroma sehingga akan membuat seks oral lebih menyenangkan bagi pasangan.

Kondom ini sangat mudah untuk digunakan karena hanya perlu dipasang di penis dan seks oral bisa langsung dilakukan.

Baca juga: 4 Fakta Seks Oral yang Harus Anda Ketahui

  • Kondom oral

Jenis kondom yang memang dibuat untuk melakukan seks oral adalah kondom oral atau dikenal juga dengan sebutan kondom lidah.

Kondom ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kondom biasa, namun ukuran lubangnya lebih besar karena memang ditujukan untuk digunakan di mulut.

Berbeda dengan kondom biasa, para lelaki dan perempuan bisa menggunakan kondom ini ketika akan memberikan seks oral kepada pasangan.

  • Dental dam

Dental dam adalah jenis kondom yang mirip seperti selembar kertas yang dibuat untuk melindungi organ intim dari mulut ketika melakukan seks oral.

Menggunakan dental dam saat melakukan seks oral sangatlah praktis karena cukup ditempelkan pada vagina atau anus dan pasangan bisa langsung memberikan seks oral.

Meskipun penggunaan kondom ketika melakukan seks oral dirasa tidak nyaman, hal ini tetap direkomendasikan untuk menghindari risiko PMS.

Selalu berdiskusi dengan pasangan sebelum menggunakan salah satu jenis kondom untuk seks oral tersebut agar sama-sama nyaman dan terbebas dari risiko PMS.

Baca juga: Dapatkah Tertular HIV karena Seks Oral?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com